BLOG

Kunci menjadi Public Speaker Hebat

Public speaker tidak selalu identik dengan presenter atau pembawa acara dalam sebuah event. Public speaker memiliki konteks yang luas. Siapapun yang memiliki kemampuan berbicara di depan banyak orang juga disebut public speaker. Artinya seorang dosen, guru, CEO, marketing, sales, product specialist, trainer, motivator dan berbagai profesi yang mengutamakan presentasi memukau termasuk di dalam definisi public speaker.

Menjadi seorang public speaker tidaklah sulit. Meski demikian bukan berarti seorang public speaker tampil tanpa persiapan. Nah, untuk mengetahui apa saja kunci menjadi public seaker yang hebat, berikut rangkuman kunci-kuncinya yang sudah saya list dari berbagai referensi terpercaya:

  1. Benahi mindset dan mental Anda sebagai public speaker. Sebelum maju ke podium atau tempat presentasi, sebaiknya Anda memahami apa tujuan Anda memberikan presentasi. Apa hanya untuk ketenaran? Ingin menginspirasi banyak orang? Mendapatkan harta yang berlimpah? Atau sekedar menggugurkan kewajiban yang dibebankan kepasa Anda? Nah, motivasi dan tujuan untuk tampil di depan publik harus dibenahi. Karena niat Anda akan mempengaruhi gaya berbicara dan penampilan Anda nanti.
  2. Kuasai materi yang akan Anda sampaikan. Ini adalah hal wajib yang harus dipenuhi oleh setiap public speaker. Dengan penguasaan materi yang handal, apapun yang Anda sampaikan akan mudah diterima oleh audiens.
  3. Buatlah media presentasi yang mudah dicerna dan memukau. Media presentasi merupakan alat bantu yang efektif untuk mempertajam presentasi Anda. Menggunakan flowchart, slide presentasi, grafik, maupun gambar bisa membantu audiens memahami lebih dalam materi yang Anda sampaikan.
  4. Sering-seringlah mengevaluasi delivery Anda. Delivery adalah metode penyampaian presentasi. Apakah dengan ceramah, story telling, pemaparan data dan fakta, teatrikal dan sebagainya. Delivery merupakan inti dari penyampaian Anda. Anda bisa mempertajam delivery dengan sering-sering melihat presentasi para public speaker hebat  di Youtube, atau mengikuti seminar mereka. Makin banyak referensi delivery,  Anda akan kian kaya dengan metode penyampaian.
  5. Rehearse and rehearse. Sering-seringlah berlatih untuk menyampaikan materi yang akan Anda sampaikan. Dengan berlatih, Anda akan mengetahui plus minus penyampaian Anda, Anda akan tahu durasi waktu yang diperlukan untuk penyampaian materi tersebut dan yang terpenting Anda tidak lagi canggung menyampaikan materi yang sudah sering anda latih.

Kami pun menyediakan fasilitas bagi Anda yang ingin menjadi public speaker handal. Dengan harga mulai Rp. 400.000,- saja, Anda akan bisa mengikuti event yang kami adakan “Who wants to be a Public Speaker” batch 4 pada tanggal 15 dan 16 Desember di Surabaya. Ini adalah momen yang pas untuk mengasah keahlian public speaking yang Anda miliki. Sekaligus berkenalan dengan banyak orang yang memiliki jaringan luar biasa. Peserta terbaik akan memperoleh pembimbingan penulisan buku hingga tuntas senilai Rp 5.000.000,-.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment