BLOG

Kunci Komunikasi Efektif

Untuk meraih prestasi tertinggi, bukan hanya skill individu saja yang berpengaruh. Menjalin komunikasi dengan baik terhadap orang lain juga sangat penting. Mengenai hal ini saya jadi ingat kalimat yang terlontar dari guru saya, “Orang yang cerdas bukan orang yang tinggi pendidikannya, namun orang yang cerdas adalah orang yang mampu membaca suasana dan berkomunikasi dengan kalimat yang sederhana.

Berbicara dengan sederhana bukan berarti orang itu tidak pandai. Malah menurut saya, menyederhanakan gaya bahasa merupakan wujud kecerdasan tingkat tinggi. Contoh kata-kata seperti kongruen, struktural, integral mampu diterjemahkan dengan sinonim yang gampang dicerna, kongruen = identik, struktural = sesuai tingkat, dan integral = menyeluruh.

Dirinya mampu membuat definisi kata-kata yang sulit menjadi mudah dimengerti. Sehingga ketika orang tersebut berbicara, orang lain yang mendengar meski punya pola pikir abang becak hingga pengendara Alphard mampu memahaminya.

Bagi saya, inilah esensi komunikasi efektif. Dengan waktu yang singkat dan tenaga yang efisien, orang lain mampu mengerti apa yang kita maksudkan. Komunikasi efektif sendiri bisa dibangun dengan 2 kunci, yaitu berani berbicara dan menabung kosakata.

Berani adalah modal utama untuk menghadapi tantangan. Anda bisa menyupir mobil karena berani, Anda berkeluarga juga karena berani, begitu pula dengan komunikasi efektif. Berani berkata, bertanya, menyanggah, berpendapat, berargumen dan sebagainya. Tanpa keberanian, Anda tidak akan bisa menyampaikan informasi dengan baik. Berani termasuk percaya diri dan berusaha menghapus semua ketakutan yang menghambat komunikasi Anda selama ini.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , ,

Post a comment