BLOG

Kreatif dengan Merge Shapes

Dalam Powerpoint 2010 ke atas, ada salah satu elemen yang disebut dengan shapes atau bentuk. Ada lingkaran, persegi, garis lurus, garis lengkung, konektor dan sebagainya. Shapes bukanlah gambar, karena shapes adalah rumus matematika yang diwujudkan dalam tampilan visual. Shapes bisa diedit. Diubah bentuknya, warnanya, garis tepinya sesuai dengan keinginan desainer. Di dalam software desain lainnya seperti Adobe Illustrator, shapes disebut juga dengan vektor.

Fleksibilitas shapes, membuatnya mampu dioptimalkan menjadi sebuah bentuk baru. Gabungan antara dua atau lebih shapes, bisa menjadi wujud yang tidak diduga sebelumnya. Misal, dua lingkaran bisa dijadikan bulan sabit atau digabungkan menjadi satu adalah salah satu kelebihan shapes. Nah, dalam artikel ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat bentuk baru dan kreatif dengan merge shapes. Fitur merge shapes atau penggabungan bentuk bisa Anda jumpai di Powerpoint 2010 ke atas, lebih lengkap lagi jika Anda memiliki Powerpoint 2013 ke atas. Lalu seperti apakah fitur merge shapes itu? Dan bagaimana cara membuat bentuk baru dan kreatif dengan merge shapes? Berikut penjelasannya:

Di Powerpoint 2013 ke atas, fitur merge shapes ada di bagian ribbondrawing tools” di bagian kanan setelah elemen “shapes“. Ikon merge shapes akan aktif, jika Anda memilih lebih dari 2 shapes.

Ada lima fitur merge shapes, yaitu union, combine, fragment, intersect dan substract. Saya coba jelaskan mulai dari yang pertama, yaitu union. Fitur “union” atau bersatunya shapes adalah fungsi yang bisa menggabungkan lebih dari dua shapes menjadi satu bentuk baru. Tampilan shape baru ini sudah menjadi satu, dan tidak bisa lagi dipisahkan shape-nya.

FItur yang kedua untuk membuat bentuk baru dengan merge shapes adalah combine. Fitur combine atau mengkombinasikan dua atau lebih shapes akan menghilangkan bagian dimana dua atau lebih shapes bertumpuk. Bagian shapes yang dihilangkan tersebut menjadi tembus pandang.



Berikutnya adalah fragment. Fitur “fragment” atau potongan, berarti bagian shape yang saling tumpang tindih akan dipotong sesuai dengan bentuk shape-nya. Berikut contohnya:

Contoh tampilan shape sebelum dan setelah di “fragment”

Yang keempat adalah “intersect“, fitur ini menggabungkan dua atau lebih shape dengan memilih bagian yang bertumpukan tadi menjadi satu bentuk baru. Dan yang terakhir teknik membuat bentuk baru dan kreatif dengan merge shapes adalah substract. Dengan substract, kita bisa memilih bagian shape Powerpoint yang mau dipotong, dengan menempatkan shape lain di di depan shapes tersebut.

Gambar di atas merupakan contoh substract. Semua shape yang berada di atas shape biru, akhirnya menghilang, setelah “substract” diklik. Inilah tips bagaimana membuat bentuk baru dengan merge shapes.Nah, itulah tips dan teknik kreatif dengan merge shapes menggunakan software Powerpoint. Di workshop infografis, Amazing Slide Infographic, saya juga berbagi tips dan teknik slide infografis profesional. Bagi Anda yang mau bergabung, silakan hubungi Bu Isti 0857 3333 0407.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment