Kombinasi Font Terbaik Slide Presentasi

Salah satu komponen penentu visualisasi slide adalah font atau jenis huruf. Pengaturan font atau jenis huruf bisa dilihat pada layout dasar slide presentasi Powerpoint. Slide Powerpoint yang kosong biasanya secara otomatis menampilkan layout “Click to add title” dan “Click to add subtitle” (pada subjudul slide) atau “click to add text” (pada isi slide), seperti tampilan di bawah ini:

Kejelian kita dalam memilih huruf akan berdampak besar pada tampilan slide presentasi. Saya pun percaya bahwa jenis huruf yang dipilih oleh presenter dalam slide, bisa mewakili profesionalisme presentasi seorang presenter. Lalu, bagaimana cara memilih kombinasi huruf antara judul, subjudul dan isi dalam slide presentasi? Bagaimana menentukan kombinasi font terbaik slide presentasi? Nah, saya mencoba merangkum dari JustCreative dan mencoba menyajikan jawabannya. Inilah kombinasi font terbaik slide presentasi versi Pakar Slide:

1- Century Gothic & PT Serif

Salah satu contoh visualisasi yang saya rekomendasikan bagi Anda adalah tampilan website yang menunjukkan image full screen dan visual teks di bagian tengahnya. Century Gothic sebagai judul dan PT Serif sebagai konten menunjukkan perpaduan yang luar biasa. Century Gothic dengan bentuk minimalis yang tajam tampak serasi jika dipadukan dengan PT Serif yang terlihat lebih berbobot dan elegan.

Century Gothic merupakan salah satu font default di Microsoft Office.  Namun jika Anda ingin mendownloadnya, silakan klik link berikut: Download Century Gothic | Download PT Serif.

2- Kaufmann & NeutriDemi

Tips berikutnya untuk kombinasi font terbaik slide presentasi adalah, gunakan jenis font dengan tipe yang berbeda. Misalnya, padukan font dengan tipe latin atau script dengan font bertipe minimalis atau sans serif. Jenis font yang kontras seperti ini akan menjadi penyeimbang visualisasi slide presentasi kala ditampilkan di depan audiens, karena bentuk font tidak monoton dan terkesan dinamis.

Kaufmann dan NeutraDemi adalah contoh perpaduannya. Kaufmann yang bertipe latin dengan banyak lekukan akan diimbangi dengan NeutraDemi yang cenderung sederhana dan praktis. Berikut contohnya:

Bagi Anda yang ingin mendownload font tersebut silakan klik link berikut: Download Font Kaufmann | Download NeutraDemi.

3- Brandon Grotesque & Minion Pro

Tips berikut untuk kombinasi font terbaik slide presentasi adalah gunakan hierarki atau ukuran font untuk membedakan judul dan konten slide presentasi. Usahakan ukuran judul jauh lebih besar dibandingkan isi slide. Contoh kombinasi berikut terdiri atas font Brandon Grotesque dan Minion Pro. Brandon Grotesque merupakan jenis font yang simpel namun memiliki ukuran tebal font yang lumayan dibandingkan Minion pro. Hierarki ini cukup mampu membedakan font sebagai judul dan konten.

Silakan download font tersebut dengan meng-klik link berikut: Donwload Brandon Grotesque | Download Minion Pro.

4- Raleway & Lusitana

Tips berikutnya untuk mengkombinasikan font adalah menentukan font dengan tipografi yang mudah dibaca oleh audiens. baik itu untuk judul maupun konten slide presentasi. Sebagai kombinasi font terbaik slide presentasi yang terakhir, saya menampilkan paduan font Raleway dan Lusitana. Keduanya mudah dibaca, meski memiliki karakter yang berbeda.

Silakan klik link berikut untuk mendownload font di atas: Download Font Raleway | Download Font Lusitana.

Nah, itulah 4 kombinasi font terbaik slide presentasi yang bisa saya rangkumkan untuk Anda, moga artikel ini bermanfaat.

Anda juga bisa memperdalam materi font dalam workshop Amazing Slide Presentation batch-37 yang akan diadakan di Jakarta, 5-6 Agustus 2017. Silakan daftar di Ayu 08123 271 6030 atau klik link pendaftaran di gambar berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.