Kiat Hidup Berkualitas dalam 24 Jam

Anda bekerja? Anda harus belajar? Anda punya keluarga? Anda harus mengupgrade kemampuan Anda setiap hari? Sedangkan Anda hanya punya waktu 24 jam setiap hari. Tidak lebih. Apakah Anda merasa waktu Anda setiap hari selalu kurang? Apakah Anda pernah berkata dalam hati, “Andai setiap hari ada 50 jam. Maka pembagian waktuku akan cukup. Tidak seperti sekarang. Berantakan.”

Nah, jika hal ini yang Anda rasakan, tentu ini sebuah permasalahan. Anda pasti tahu, bahwa setiap orang di dunia punya waktu yang sama. Orang sukses, orang malas, orang sibuk, orang penuh waktu luang juga punya waktu yang sama. 24 jam. Tidak lebih tidak kurang.

Lalu apa yang membedakan seseorang bisa berhasil atau tidak dalam sehari? Jawabannya ada pada pengelolaan waktu. Bagaimana seseorang mengatur waktunya seoptimal dan seefisien mungkin. Seperti apa wujud pengaturan tersebut?

Sekarang coba Anda tuliskan aktivitas rutin Anda setiap hari dan durasi waktunya.  Misal, bekerja durasinya sekitar 8 jam. Perjalanan pulang pergi rumah sekitar 2 jam. Makan, minum, mandi, sekitar 1 jam. Tidur 6 jam. Dan sejumlah aktivitas lain.

Setelah selesai Anda tulis, coba Anda perhatikan satu per satu kegiatan Anda. Jika Anda masih punya banyak waktu luang, tambahkanlah durasi kegiatan yang bisa meningkatkan kualitas hidup Anda. Misalnya bermain bersama Anak, meningkatkan keahlian, ataupun ibadah.

Namun andai setelah Anda daftar, kegiatan sehari-hari Anda membutuhkan waktu lebih dari 24 jam. Maka sekali lagi perhatikan aktivitas Anda satu per satu. Kurangilah durasi kegiatan yang sekiranya membuat Anda lalai dan terlalu lama bersantai tanpa peningkatan kualitas hidup. Seperti tidur yang awalnya 6 jam, jadikan hanya sekitar 4 jam, dengan berlatih bangun lebih awal setiap hari. Perjalanan pulang pergi ke kantor yang awalnya skitar 1 jam menjadi setengah jam dengan cara berangkat lebih awal sehingga tidak terjebak kemacetan.

Jadi, kunci hidup yang berkualitas setiap hari adalah pengaturan waktu untuk memilih kegiatan yang terbaik setiap harinya. Upayakan untuk mematuhi jadwal harian yang telah Anda susun sendiri, sehingga Anda akan terbiasa selalu tepat waktu.

Buktikanlah.

Salam Pemenang Kehidupan.

This entry was posted in Biomotivasi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


9 − 6 =

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

187 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>