Kesempurnaan Presentasi

2 April 2013, saya mengunjungi almamater saya, Universitas Airlangga, tepatnya di jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi. Untuk memenuhi nadzar saya memberikan buku “Amazing Slide Presentation” untuk jurusan. Saya bersama rekan saya dan Ketua Jurusan Dr. Alfiah Hayati sharing cukup lama tentang desain slide dan presentasi.

Salah satu ucapan beliau yang saya ingat adalah beliau seringkali membuat slide presentasi berulang-ulang untuk mata kuliah dalam semester yang sama. Semester tahun lalu dia membuat slide, semester tahun ini pun beliau membuat slide, padahal mata kuliahnya sama. Satu hal yang membuat beliau membuat slide presentasi berulang-ulang adalah perasaan tidak puas tentang desain dan konten slide presentasinya.

Dari sejumlah referensi presenter kelas dunia yang saya pelajari, salah satu sebab seseorang tidak puas karena slide maupun presentasinya adalah proses alur pembuatan slide presentasi yang keliru. Perlu kita ketahui ada 3 tahapan pembuatan presentasi yaitu:

  1. Membuat kerangka berpikir. Kerangka berpikir atau bahasa kerennya mind map adalah cara paling efektif untuk memilah ide presentasi. Dengan kerangka berpikir yang rinci, pola pikir seorang presenter akan lebih tertata dan alur presentasi akan lebih mudah dihapal.
  2. Mendesain slide presentasi. Setelah membuat kerangka berpikir, barulah kita mendesain slide. Kekeliruan sebagian besar presentar adalah mereka langsung mendesain slide, tanpa membuat kerangka pikir lebih dahulu. Hal ini membuat durasi waktu pembuatan slide presentasi jauh lebih lama. Bayangkan saja, Anda membuat slide presentasi tanpa ide dasar yang jelas, lalu langsung menghadap laptop, tentu pikiran kita akan blank dan hanya mengutak-atik slide presentasi. Entah apa yang akan kita lakukan. Yang pasti, waktu kita akan terbuang percuma.
  3. Berlatih penyampaian presentasi atau delivery. Dengan berlatih, presentasi kita akan kian sempurna, setelah kerangka pikir yang jelas dan desain yang memukau.

Saya pun telah membuktikan 3 tahapan di atas. Saat ini saya pribadi memiliki 4 produk pelatihan:

  1. Rahasia Sukses Pemenang Kehidupan
  2. Productivity Training
  3. Mendidik Karakter Terbaik
  4. Amazing Slide Presentation

Dan Alhamdulillah, dari keempat produk tersebut sudah saya hapal materinya di luar kepala, karena saya menggunakan 3 proses alur pembuatan presentasi di atas. Jadi tidak perlu membuat slide presentasi berulang-ulang.

Maka bagi Anda yang ingin memiliki presentasi yang efektif dan efisien, ikutilah alur pembuatan presentasi supaya presentasi Anda kian sempurna.

Salam Pemenang Kehidupan.

back fb april amazing

 

 

5 thoughts on “Kesempurnaan Presentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.