BLOG

Kelebihan Isam Naoki

Oleh: Istikumayati

Setiap anak punya tingkat kecerdasan dan tingkat tumbuh-kembang masing-masing. Bahkan dengan pola asuh-didik yang sama pun, sering kali memunculkan hasil yang berbeda. Hal ini pun terjadi kepada kedua anak kami.

Si Mbak Nada Kumiko, begitu interest ketika saya bacakan buku sambil minum ASI. Alhasil, belum 1 tahun dia mampu melafalkan lebih dari 10 kosakata. Saya pun mencoba hal yang sama kepada si dedek Isam Naoki. Namun ternyata, dia sering tak nyaman ketika saya bacakan buku, meski nada bacanya sudah dinaik-turunkan. Seperti yang bisa ditebak, di usianya yang sudah 14 bulan kosakatanya masih minim.

Setiap Anak punya Kelebihan Masing-masing

Meski kemampuan verbal Isam Naoki kalah dibanding Mbak Nada di usia 1 tahun, namun ternyata si Isam punya kelebihan. Kalau Mbak Nada baru bisa jalan setelah usia 15 bulan, maka sebelum genap usia 1 tahun si Isam sudah bisa berjalan. Satu hal lagi, si Isam lebih cepat menjalani proses toilet training. Asalkan sebelum tidur, pas bangun tengah malam, dan ketika bangun Isam (14 bln) diajak pipis di toilet, maka dia tidak akan ngompol. Berbeda dengan Mbak Nada yang meski 2,5 tahun, ternyata masih sering ngompol di malam hari (sudah pipis juga sebelum tidur).

Dan hari ini, saya mendapat kejutan baru dari Isam. Selain kosakatanya mulai bertambah sedikit demi sedikit, Isam sudah mulai paham dengan kebiasaan-kebiasaan kami.

Tadi sore, ketika Abi sedang memangku dedek Isam, Abi berkata, “Sebentar ya Sam, Abi mau sholat.”

Mendengar hal itu, si Isam bergegas berdiri dan lari ke kamar. Lho, mo kemana tuh anak, buru-buru sekali.…pikir si Abi.
Keluar dari kamar, ternyata si Isam membawa sarung dan diberikan ke Abi.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment