BLOG

Kader Penerus

Mengapa sebagian besar buah memiliki biji? Jawabannya satu, setiap tumbuhan ingin memiliki penerus spesiesnya. Bukan hanya manusia dan hewan saja yang ingin memiliki keturunan. Ternyata tanaman pun demikian. Hal ini bisa kita lihat pada biji yang sebagian besar dimiliki tanaman, baik pada buah maupun di dalam bagian bunga.

Setiap biji memiliki potensi untuk tumbuh. Asalkan dirinya berada di tempat yang tepat dan punya nutrisi yang cukup.

Berbicara tentang biji dan benih penerus, selama 4 hari yang lalu saya bersama tim mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Santri (LDKS) di Pondok Pesantren Al Fitrah Surabaya. Pondok yang didirikan oleh Gus Asrori ini memiliki hampir 1500 santri-santriwati. Usianya pun masih sangat belia. Rata-rata sekitar 12 hingga 19 tahun. Umur yang sangat produktif.

Saya melihat antusiasme yang luar biasa dari para peserta. untuk maju, memiliki komitmen tinggi dan berusaha memberi yang terbaik. Hal ini nampak dari impian yang mereka tuliskan, cara berbicara, bersikap, bekerja sama dalam tim dan berusaha untuk mandiri. Keadaan mereka yang jauh dari kedua orang tua menjadikan siswa-siswi di Ponpes Al Fitrah benar-benar harus mampu berdiri dengan dua kaki, tanpa harus mengeluh. Pondok tersebut ibarat buah yang melindungi biji dan benih di dalamnya, untuk menjadi kader penerus selanjutnya.

Anda pun bisa menjadi buah yang melindungi benih Anda. Dengan menjadikan rumah sebagai tempat yang paling tepat bagi buah hati Anda untuk tumbuh dan berprestasi. Memberikan nutrisi kemuliaan keluarga pada sang buah hati supaya memiliki bekal yang cukup untuk mengarungi hidup.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , ,

Post a comment