BLOG

Jangan Menunda Sedekah

Ketika kita ke rumah ibadah, membawa 100 ribu rupiah itu terlalu besar, namun di saat kita membawa 100 ribu ke mall, kita mengatakan kurang.

Pagi itu saya diingatkan oleh ceramah Ust. Yusuf Mansur di sebuah stasiun televisi swasta. Kita seringkali mengharapkan Tuhan memberi rizki yang berlimpah pada hidup kita, namun ketika kita diperintahkan untuk mengeluarkan sedekah yang merupakan hak orang lain, ternyata kita suka melakukan tiga hal.

Yang pertama, kita bersedekah jika uang kita bersisa. Artinya sedekah tidak akan kita keluarkan andaikata perhitungan anggaran bulanan dalam kondisi impas atau minus. Kedua, karena kita mengeluarkan sedekah dari sisa uang kita, maka kemungkinan besar jumlah nominalnya kecil. Dan ketiga, di saat kita akan mengeluarkan sedekah, kita sering menunda-nunda, dengan alasan, apakah masih ada kebutuhan kita yang belum terpenuhi? Jika ada, sedekah pun kita tinggalkan.

Padahal, di saat kita meminta pada orang lain saja, yang kita harapkan adalah sesuatu yang bagus, diberikan dengan segera dan jumlahnya banyak. Demikian juga di saat kita meminta pada Tuhan, terkadang kita sampai menangis-nangis untuk mengharapkan rizki-Nya. Namun di saat rizki itu sudah digenggaman, tak jarang kita melupakan sedekah bagi sesama.

Para pemenang kehidupan.

Sedekah yang kita berikan bukan untuk Tuhan. Sampai kapanpun Tuhan itu Maha Kaya. Maha Pemurah dan Maha Tak Terbatas. Sedekah itu untuk kita. Mengingatkan kita bahwa kita di dunia bukan hidup sendiri. Kita perlu orang lain. Dengan sedekah, kita bisa tahu, tanpa bantuan sesama, kita tidak akan bisa menjalani hidup. Ingat, bukan hanya saat hidup kita butuh sesama, saat matipun kita butuh orang lain untuk menggalikan kubur, dan mengantarkan kita ke liang lahat.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , ,

  • Az-za

    alhamdulillah didunia ini masih ada orang yg berfikiran sperti itu

    Reply
  • Az-za

    saya mau shering. kalau mas Dhony bersedia. tlg hungi no saya 085643178170 posisi saya lagi banyak sekali tekanan

    Reply

Post a comment