BLOG

Jadilah Kaya

Ada pepatah yang mengatakan, “uang adalah sumber dari kejahatan“, pepatah ini muncul akibat begitu banyaknya kriminalitas yang terjadi karena uang. Perebutan harta, warisan, pencurian, perampokan, pembunuhan tidak sedikit yang disebabkan oleh uang. Memang saya tidak memungkiri, uang adalah salah satu penyebabnya, lebih tepatnya kekurangan uang atau butuh uang.

Namun saya kurang setuju jika uang adalah sumber kejahatan. Karena uang adalah benda. Yang salah bukan bendanya, namun manusia yang menggunakannya. Memang ada orang yang mencuri karena butuh uang. Namun di sisi lain, masih banyak pula orang yang bekerja dengan halal, juga untuk mencari uang. Keduanya butuh, namun berbeda cara mensikapinya.

Mencari nafkah adalah kwajiban manusia. Nafkah berupa harta. Harta yang mampu mensejahterakan manusia. Menurut saya, kita semua wajib kaya, memiliki harta yang berlimpah dan gelimang uang yang bisa mencukupi kebutuhan keseharian. Karena hanya dengan menjadi kaya, kita bisa menolong banyak orang dan memberi manfaat bagi sesama. Kaya itu harus, karena hanya dengan menjadi kaya, kita bisa memenuhi kewajiban agama, memakai pakaian terbaik, wewangian terbaik, tempat ibadah terbaik, bahkan pergi ke rumah Tuhan dengan penuh kehormatan.

Dalam agama saya, ada ibadah yang disebut sedekah atau infaq, yang ditegaskan oleh janji Tuhan. Tuhan menyebut bahwa harta yang dibagikan pada orang lain akan kembali pada diri kita sendiri. Ada pula ibadah shalat dhuha, yang disebut sebagai sholat yang mampu menghadirkan kelancaran rezeki. Tuhan menunjukkan kekayaan sebagai sesuatu yang penting, seharusnya kita pun demikian.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , ,

Post a comment