BLOG

Investasi Kehidupan

Dulu saya keliru dalam menyingkapi istilah investasi. Saya menyangka investasi hanyalah sesuatu yang kita pergunakan untuk masa depan dalam bentuk harta. Seperti rumah, tanah, tabungan dan sebagainya. Namun ternyata investasi bukan hanya harta. Ada investasi lain yang lebih berharga. Bahkan investasi ini tetap mengalir meski kita telah meninggal dunia.

Investasi kehidupan ini adalah ilmu. Ya, ilmu adalah investasi yang tak tampak. Karena tak terlihat, seringkali kita menyepelekan ilmu. Saya dulu menganggap mengikuti pelatihan yang seharga jutaan rupiah adalah pemborosan. Padahal itu adalah investasi ilmu yang sangat berharga.

Seringkali kita mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk mengikuti rekreasi ke tempat-tempat wisata, namun kita pelit untuk mengeluarkan uang demi meraih ilmu yang sejatinya tak ternilai dengan rupiah. Padahal rekreasi adalah sekedar refreshing pikiran kita terhadap masa lalu yang jenuh. Sebaliknya, ilmu adalah refreshing pikiran untuk masa depan.

Ya, rekreasi memang perlu, namun seharusnya tidak mengalahkan ilmu. Beberapa waktu lalu saya teringat kejadian dulu ketika masih mahasiswa. Saya sempat merasa bersalah terhadap salah seorang pembicara materi di kampus saya waktu itu. Beliau datang jauh-jauh, namun saya tidak mengoptimalkan jumlah peserta. Akhirnya beliau kembali pulang, dan yang menyedihkan, saya tidak memberi beliau uang transport sama sekali. Sungguh teganya diri saya. Saya sungguh tidak menghargai ilmu yang beliau berikan. Akhirnya saya langsung mengambil hp dan mengirim sms permohonan maaf padanya.

Guru inspirasi saya mengatakan, “Jika kita menghargai ilmu, maka ilmu akan menghargai kita dengan nilai yang mahal. Sedangkan jika kita menyepelekan ilmu, maka ilmu juga akan menyepelekan kita dengan nilai yang rendah.” Cobalah kita instrospeksi diri, jika sampai sekarang gaji kita tidak naik-naik, pengetahuan kita tidak bertambah, kesombongan diri tidak berkurang. Boleh jadi itu karena kita tidak menghargai ilmu sebagai investasi kehidupan.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , ,

Post a comment