BLOG

Investasi Keahlian, Kenapa Tidak?

Beberapa tahun yang lalu saya mengikuti Trainer Bootcamp and Contest (TBNC) yang diadakan oleh Indonesia Inspiring Movement (i2move) di Bogor. Acara ini dipandu langsung oleh guru sekaligus mentor saya Jamil Azzaini. Waktu itu biaya untuk mengikuti TBNC sekitar 4 juta rupiah. Harga yang cukup mahal bagi saya. Karena selama ini yang saya tahu, training 3 hari hanya kisaran 2 hingga 2,5 juta rupiah saja.

Saya pun harus merogoh uang kas keluarga, karena terus terang saat itu uang tabungan pribadi saya tidak cukup. Beberapa kali saya berdiskusi dengan istri, apakah uang ini saya gunakan atau tidak? Saya sempat ragu, karena jika uang tabungan keluarga saya ambil, sisa kas keluarga hanya sekitar 500 ribu rupiah. Keraguan saya terus berlanjut, hingga kemudian sirna saat istri saya berkata, “Mas, aku sudah setuju tabungan keluarga dipakai untuk investasi keahlian sampeyan. Kalau Mas yakin, silakan. Aku ikhlas. Tapi kalau Mas ga yakin, tidak perlu pergi kesana. Nanti uang keluarga akan terbuang sia-sia.”

Akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti TBNC dan bertemu dengan trainer-trainer hebat tingkat nasional. Saya pun sempat masuk 5 besar trainer terbaik. Meski tidak menjadi nomor satu, namun ilmu, keahlian dan pengalaman berharga banyak saya peroleh disana.

Saat ini, perusahaan yang saya bangun juga mayoritas terdiri atas alumnus TBNC. Saya yang sebelum mengikuti TBNC hanya mengisi pelatihan di sekolah dan kampus, sekarang sudah mentraining sejumlah perusahaan. Investasi yang sebelumnya saya rasa sangat mahal, ternyata terbayar tuntas tidak lama setelah TBNC berakhir. Bahkan gaji 1 bulan yang saya peroleh sewaktu menjadi karyawan, sekarang bisa didapat hanya dalam satu sesi pelatihan saja atau sekitar 2 jam.

Nah, bagi Anda yang ingin terus maju, berkembang dan memiliki keahlian yang selalu terupdate, maka beranilah berinvestasi. Jangan ragu untuk mengeluarkan modal baik dalam bentuk uang, tenaga maupun waktu, untuk mengikuti berbagai pelatihan, training maupun seminar. Karena keahlian itupun juga untuk Anda.

Mahal atau tidaknya itu relatif. Malah harga yang sangat mahal akan menjadi sangat murah  jika Anda mampu menghasilkan pendapatan puluhan kali lipat dari investasi pelatihan. Namun semua ini bisa terjadi apabila kita memiliki tujuan yang jelas, terukur dan terencana setelah pelatihan tersebut. Sebaliknya, pelatihan yang murah, bisa menjadi tak bermanfaat, jika Anda tidak memperoleh apa-apa.

Saya sendiri saat ini mengadakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan. Bulan lalu, saya mengadakan pelatihan public speaking dan bulan ini saya mengadakan pelatihan “Amazing Presentation“. Ini saya lakukan supaya keahlian saya makin terasah dan terupdate. Bagi Anda yang ingin mendaftar, silakan kontak Bu Kuma di 031-7161 1592.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki keahlian yang makin tajam, jangan ragu untuk berinvestasi, karena sebenarnya investasi termahal dalam hidup Anda adalah keahlian Anda sendiri.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , ,

Post a comment