Integritas dan Efektif

Saya yakin, setiap orang ingin sukses lebih cepat. Bahkan secepat mungkin. Ingin lebih kaya, punya kedudukan yang tinggi, dicintai keluarga dan banyak orang serta memiliki keahlian yang selalu jadi rujukan. Itu semua sah-sah saja. Justru memiliki impian yang tinggi dan mengusahakannya adalah wujud dari kesyukuran pada Tuhan. Bersyukur artinya memanfaatkan pemberian Tuhan seoptimal mungkin. Sebaliknya, jika kita tidak punya impian dan malas untuk berusaha, sepertinya kita perlu introspeksi apakah kita sudah bersyukur atau tidak.

Di sisi lain, saya meyakini bahwa untuk mempercepat impian kita tidak boleh menghalalkan berbagai cara. Apalagi kita adalah orang yang beragama. Alangkah mulianya, kita meraih kesuksesan dengan cara-cara yang baik, ikhsan, tanpa berkata buruk tentang orang lain. Bagi saya, dua hal yang perlu kita miliki untuk meraih suskes yang baik adalah integritas dan efektif.

Integritas artinya melakukan hal-hal yang benar dalam belajar maupun bekerja, ada atau tidaknya yang mengawasi. Orang yang berintegritas akan melakukan pekerjaan sebaik mungkin, meski atasan tidak melihatnya. Karena dia yakin pertanggungjawaban pekerjaan bukan antara dia dengan atasan, namun antara dirinya sendiri dan Tuhan. Jika dia melakukan sesuatu, itu akan kembali pada dirinya sendiri, entah itu baik atau buruk. Jika kita ingin sukses dengan lebih cepat, lakukan pekerjaan dengan integritas.

Yang kedua adalah efektif. Efektif bermakna benar dalam melakukan pekerjaan. Efektif bisa jadi mengikuti SOP perusahaan, atau melakukan hal-hal sesuai skala prioritas. Hampir sama dengan aturan agama. Misal di agama Islam, ada wajib, sunah, mubah, makruh dan haram. Utamakan yang wajib, kerjakan yang sunah, sekali-kali boleh melakukan yang mubah dan menghindari yang makruh apalagi haram. Jika Anda berwirausaha seperti saya, melakukan hal-hal efektif adalah tidak membiarkan waktu luang terbuang sia-sia. Bisa dengan melakukan riset pasar, follow up klien, optimasi jejaring sosial, mengikuti training pengembangan diri, menulis buku dan lain-lain.

Dengan integritas dan efektif, saya yakin kesuksesan kita akan teraih lebih cepat. Ingat, integritas dan efektif. Integritas adalah melakukan hal yang benar. Efektif adalah benar dalam melakukan sesuatu.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.