BLOG

Inspirasi Desain dari Ikebana

Yang saya pelajari di Jepang tentang dasar keindahan bagi masyarakatnya adalah adanya ruang kosong atau space. Ruang kosong inilah yang menjadi inti desain bagi mereka. Ruang kosong pula lah yang mendasari seni Zen dalam mendesain sesuatu. Inspirasi ruang kosong menurut guru saya, Garr Reynolds didapatkan dari alam. Keindahan natural yang selama ini susah didapatkan di tengah hiruk pikuknya bisnis dan teknologi perkotaan. Salah satu hasil desain natural dari Jepang yang sangat terkenal adalah Ikebana atau seni merangkai bunga.

Ikebana penuh dengan keindahan yang memanfaatkan ruang kosong atau space sebagai point of interest. Ikebana juga bisa menjadi pondasi kita untuk mendesain slide presentasi ujar Garr Reynolds. Berikut saya sampaikan 10 inspirasi desain dari ikebana untuk keindahan slide powerpoint Anda:

1. Ruang kosong adalah salah satu bagian dari desain ikebana. Demikian pula dalam desain slide powerpoint Anda. Cobalah untuk melihat ruang kosong dalam desain Anda.

2. Ruang kosong menghubungkan masing-masing elemen desain ikebana, bunga, daun dan ranting. Space dalam powerpoint pun demikian, dia menghubungkan warna, image maupun huruf.

3. Seringkali ikebana membiarkan satu ruang kosong dalam pot, dan diisi oleh satu ranting saja, ini desain yang wow. Begitu pula ruang kosong dalam desain slide powerpoint lebih menginspirasi daripada memenuhi slide dengan tulisan.

4. Jika Anda melihat ikebana, mengubah sudut pandang juga mengubah nilai artistiknya. Cobalah untuk bereksperimen dengan space dalam slide sehingga menemukan sudut pandang terbaik.

5. Jika telah menemukan sudut pandang terbaik, pengrajin ikebana biasanya menonjolkan mahkota bunga. Sebagai desainer slide, seharusnya Anda pun demikian. Jika telah menemukan format desain terbaik, tonjolkanlah pesan Anda.

6. Ikebana seakan-akan cara mendesain rangkaian bunga yang acak. Padahal ada strukturnya, ada ilmunya, barulah berkreasi. Demikian pula slide presentasi. Silakan Anda berkreasi, namun setelah Anda memahami struktur desain slide dan ilmu desain slide. Anda bisa mendapatkannya di workshop Amazing Slide Presentation.

7. Meski terlihat sederhana, ikebana menunjukkan keindahan dan dalamnya makna alam. Inilah inspirasi desain dari ikebana yang bisa kita tunjukkan dalam slide powerpoint. Kesederhanaan yang menunjukkan makna konten yang dalam.

8. Ikebana mengajarkan bahwa dalam desain asimetris bukan berarti tidak seimbang, akan tetapi menunjukkan hidup yang dinamis dan alami. Cobalah mewujudkan hal ini dalam slide, tampilkan desain asimetris, sehingga slide powerpoint Anda lebih alami dan wow.

9. Ikebana memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk mendesainnya. Perlu fokus dan visi yang jelas untuk memberikan hasil terbaik. Dalam slide powerpoint pun demikian. Jangan terburu-buru. Untuk menghasilkan presentasi terbaik, fokuslah pada desain slide dan visi yang jelas bagi audiens.

10. Dan yang terakhir, ikebana adalah bukti seni dan desain alami bukan dekorasi. Dalam slide presentasi kita pun seharusnya mendesainnya dengan ilmu, bukan mendekornya. Sehingga pesan kita bisa masuk ke dalam benak audiens lebih dalam dan everlasting

Nah, itulah 10 inspirasi desain dari ikebana yang saya pelajari di Jepang. Semoga bermanfaat untuk presentasi Anda.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment