BLOG

Inovasi adalah Solusi

Pernahkah Anda mencoba hal-hal baru di rumah? Semisal Anda yang gemar memasak mencoba untuk meramu bahan-bahan mentah di dapur dan menjadi sebuah makanan yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya? Ada yang menyebut hal ini adalah inovasi. Ya, mencoba menemukan hal-hal baru yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Banyak yang menyebut hal-hal baru adalah sebuah inovasi. padahal tidak selamanya hal baru adalah inovasi. Bagi saya seseorang memakai baju baru bukanlah sebuah inovasi. Seseorang mengendarai mobil baru pun juga tidak bisa disebut inovasi. Suatu hal disebut inovasi jika bermanfaat bagi dirinya, sesuatu yang kreatif dan menjadi solusi terhadap problem yang dihadapi. Tanpa salah satu dari 3 syarat tersebut, sebuah hal yang baru belum bisa dikatakan sebagai inovasi.

Inovasi memerlukan daya cipta, daya cipta muncul karena kreatifitas. Jadi seseorang bisa disebut inovator atau penemu karena dia memang kreatif. Setiap orang sebenarnya punya kemampuan untuk berinovasi, karena masing-masing orang memiliki kemampuan untuk menciptakan ide dan gagasan.

Lalu apa yang membedakan seorang inovator sukses dan bukan? Donald Trump, seorang milyarder Amerika menyebut, “Banyak orang yang memiliki ide, namun jika Anda tidak bisa menjualnya, maka ide Anda tidak menjadi apa-apa.” Itulah jawabannya, seorang inovator yang sukses adalah seseorang yang mampu menjual idenya. Tidak sekedar dipikirkan, dan diungkapkan. Namun ide tersebut harus mampu diwujudkan dan kemudian dijual.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda ingin sukses? Bila ya maka jadilah orang yang kreatif, bukan hanya itu saja, jadilah inovator, namun belum cukup sampai disitu, jadilah inovator yang mampu menjual ide Anda.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment