Infografis dan Visual Marketing

Tahukah Anda, bahwa otak manusia memproses informasi visual 60.000 kali lebih cepat dibandingkan informasi tertulis. Tahukah juga Anda, bahwa gambar adalah bahasa universal manusia di dunia. Manusia telah menggunakan bahasa gambar sejak 32.000 tahun yang lalu, sedangkan bahasa tertulis baru dipakai sejak 5000 tahun yang lalu. Inilah fakta yang diungkap oleh Ekaterina Walter dan Jessica Gioglio dalam buku “The Power of Visual Storytelling.” Buku ini sekaligus membuktikan bahwa bumi yang kita pijak ini adalah dunia gambar. Ini dunia visual. Informasi akan memiliki makna jauh lebih dalam, lebih sederhana, lebih dimengerti, lebih berarti, dan lebih bernilai jika disampaikan secara visual.

Bukti sederhana bahwa ini dunia visual adalah meski menggunakan bahasa tertulis yang berbeda-beda di semua negara, ternyata simbol lalu lintas dan rambu-rambu peringatan di semua negara di dunia hampir sama. Simbol dan rambu-rambu tersebut menggunakan gambar sebagai media. Gambar mampu ditangkap, dimengerti dan diingat oleh otak manusia lebih cepat namun melekat jauh lebih lama. Bukti lain adalah, di saat seseorang mengatakan nama buah, seperti mangga misalnya, maka yang ada di dalam pikiran kita adalah wujud buah mangga. Memiliki warna, bentuk dan bahkan kita bisa membayangkan rasanya. Sangat jarang ketika seseorang meminta kita membayangkan mangga, maka yang muncul di pikiran kita adalah deretan huruf M-A-N-G-G-A.

Kata “mangga” yang muncul di pikiran kita adalah gambaran visual tentang mangga, bukan deretan hurufnya.

Lalu, apa hubungan visual dengan presentasi? Sangat erat. Visual mampu memperkuat presentasi kita. Nah, sebelum seorang presenter menjelaskan ide, inspirasi maupun presentasi untuk menjual produk tertentu, maka presenter harus mampu memperoleh perhatian audiens untuk mencermati presentasinya. Kita tahu pada umumnya, referensi biasa dipakai untuk memperkuat presentasi berupa data dan angka. Sayangnya ketika presenter mulai berbicara tentang data dan angka, maka tampilan yang seringkali muncul adalah grafik maupun tabel dengan deretan nomor dan bahasa tertulis yang sulit dipahami dan dijelaskan. Padahal ini dunia visual.

Hal ini menarik perhatian para peneliti, sehingga selama bertahun-tahun, para ahli mencoba mencari terobosan teknik dan cara menampilkan data dengan visual, mudah dipahami dan tetap logis untuk audiens. Terobosan tersebut akhirnya mencapai berhasil dengan menggunakan metode infografis. Metode ini mampu menyederhanakan data sekaligus membuat data bisa bercerita secara visual. Infografis pun sekarang selain dipakai untuk menampilkan data juga sebagai tools untuk visual marketing.

Meski jalan keluar untuk tampilan data telah ditemukan, sayangnya infografis umumnya didesain menggunakan aplikasi seperti Photoshop, Corel maupun Adobe illustrator. Padahal contoh aplikasi tersebut belum bersahabat dengan presenter. Pada umumnya presenter memakai software presentasi seperti Powerpoint dan Keynote. Maka, perlu metode optimasi infografis dan visual marketing menggunakan slide keynote maupun powerpoint, sehingga presenter mampu menggunakan infografis dengan mudah dan target visual marketing bisa dicapai.

Sebagai perusahaan yang fokus terhadap presentasi dan desain slide, Kreasi Presentasi pun terus berinovasi dengan meluncurkan produk baru Amazing Slide miniMAX yang fokus dalam desain infografis dan visual marketing menggunakan Powerpoint. Workshop ini diharapkan mampu menjadi jawaban terhadap visualisasi data dengan grafik, tabel, chart maupun diagram yang selama ini dianggap rumit dan tidak bersahabat dengan presentasi. Saya pun berharap, workshop ini mampu membantu banyak orang dan perusahaan untuk terus maju dan inovatif, mampu bersaing di era global yang kian visual.

Nah, saya dan tim Kreasi Presentasi akan mengadakan workshop Amazing Slide miniMAX di Hotel Grand Sahid Jakarta, 23 & 24 Mei 2015. Sedangkan batch 2 di Hotel Santika Surabaya, 30 & 31 Mei 2015. Workshop di Jakarta akan dihadiri perwakilan dari berbagai corporate dan BUMN yang sebelumnya menjadi peserta terbaik dalam workshop Amazing Slide Presentation. Diantaranya dari Bank Indonesia, PT. BNI Life Insurance, Balkes Angkasa Pura, Kementerian Kesehatan RI, Lembaga Sandi Negara dan lain-lain. Saya pun berharap Anda mengikuti workshop infografis dan visual marketing pertama di Indonesia ini. Silakan Anda menghubungi Kreasi Presentasi, Bu Isti di nomor 0857 3333 0407 atau via Whatsapp dan Line di nomor 08123 576 3366.

Ini dunia visual, sampai ketemu di workshop Amazing Slide miniMAX.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.