BLOG

Indahnya Pikiran yang Terbuka

Mirabilis jalapa nama latinnya. Orang Indonesia menyebutnya sebagai bunga pukul empat. Mengapa demikian? Karena bunga ini hanya membuka mahkotanya di setiap jam empat sore. Ketika mentari mulai terbenam. Tidak ada satupun yang tahu mengapa bunga ini hanya mau membuka mahkota di setiap sore, dan kembali menutup saat fajar mulai menyingsing. Namun sebagian ahli menyebut bahwa ini akibat aktivitas hormonal tanaman Mirabilis jalapa yang berbeda dengan tanaman pada umumnya.

Aktivitas bunga pukul empat ini cukup menarik untuk diamati. Dirinya berbeda dengan bunga-bunga yang lain. Di saat sebagian besar bunga lain menutupkan mahkotanya, dia malah membuka mahkota dan memperlihatkan keindahannya. Bunga pukul empat juga memiliki nama lain yaitu bunga ashar. Mengapa demikian? Karena sejumlah daerah menggunakan terbukanya mahkota bunga ini sebagai waktu pertanda sholat ashar. Waktu untuk beribadah dan tunduk pada Sang Kuasa.

Aktivitas Mirabilis jalapa yang sederhana ini mengingatkan saya dengan sebuah kata bijak, “Pikiran ibarat parasut, hanya berfungsi ketika terbuka.” Pikiran yang terbuka, mau menerima nasihat itu sangat indah. Bak mahkota bunga yang tengah terbuka. Seorang suami yang mau mendengarkan keluhan istri, demikian pula orang tua yang mau mendengar apa kata buah hati, merupakan contoh keindahan pikiran yang sedang terbuka.

Sebaliknya pikiran yang tertutup, ibarat batu yang keras, tidak mau menerima nasihat, tidaklah indah untuk dilihat. Bayangkan sebuah taman dimana tak ada satupun bunga yang membuka mahkotanya. Tidak istimewa bukan. Taman itu tidak bisa dinikmati, bahkan cenderung sepi dari pengunjung. Sama dengan pikiran kita, jika kita malas untuk membukanya, maka satu per satu rekan akan makin menjauh dari kita.

Oh iya.., satu lagi, bunga pukul empat yang terbuka di saat waktu sholat ashar mengingatkan saya, bahwa nasihat, masukan ataupun kritik yang hadir di tengah kita, hendaknya kembali kita sandarkan pada nilai agama dan aturan Tuhan. Sama seperti sholat, dimana kita wajib tunduk dan taat pada aturan-Nya.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment