Indahnya Berbagi

Saya selalu tertarik mengikuti pengalaman hidup orang-orang yang sukses. Sebagian besar kehidupan orang hebat yang saya ikuti baik dari media sosial, buku maupun media massa, penuh diisi oleh aktivitas berbagi. Entah itu dengan memberikan santunan, mengajar di daerah tertinggal, mendirikan yayasan sosial, hingga langsung turun tangan ketika ada bencana. Orang seperti Bill Gates, Oprah Winfrey, hingga tokoh nasional seperti Chairul Tanjung dan Sandiaga Uno juga terus melakukan aktifitas sosial hingga sekarang. Kehidupan yang mulia. Saya jadi teringat tulisan saya tentang Shishi Odoshi yang saya tulis disini. Shishi odoshi mengajarkan filosofi indahnya berbagi.

Kehidupan yang indah adalah kehidupan yang penuh dengan rasa terima kasih. Kita terima, terus kita kasih-kasih pada yang memerlukan. Eit, jangan dipikir apa yang dikasih selalu dalam bentuk harta benda. Ilmu dan keahlian pun bisa kita sharing pada orang yang memerlukan sehingga mereka bisa mencari nafkah nantinya. Tidak perlu dibahas mana yang lebih utama, keahlian atau harta. Baik harta maupun keahlian dua-duanya sama-sama penting. Tergantung kondisi. Misal seseorang yang tidak mampu secara finansial harus menjalani operasi di rumah sakit, maka kita yang tidak memiliki keahlian pengobatan dan operasi lebih baik memberikan santunan berupa materi, sedangkan yang memiliki keahlian bia membantu dalam proses operasinya.

Hal ini mirip dengan sedekah terang-terangan dan sedekah sembunyi-sembunyi. Tak perlu dibahas mana yang lebih utama. Soal niat kembali pada diri masing-masing. Yang tidak boleh adalah diam-diam tidak sedekah hehe…

Saya pun berusaha melakukan hal yang sama di Kreasi Presentasi. Saya dan tim ingin merasakan indahnya berbagi. Di tengah jadwal yang padat rekan-rekan Kreasi bersepakat untuk terus melakukan aktifitas sosial. Bukan atas nama individu, tapi bersama-sama. Bisa dibilang CSR-nya perusahaan. Alhamdulillah tidak semua pelatihan kami harus dibayar profesional. Puluhan intitusi pendidikan dan lembaga sosial telah bekerja sama dengan KP. Untuk sekolah dan komunitas sosial justru malah Kreasi Presentasi yang harus mengeluarkan dana lebih untuk menutupi kekurangan akomodasi pelatihan. Tapi justru disitulah indahnya berbagi.

Semoga Kreasi Presentasi terus eksis memberikan edukasi tentang presentasi di negeri ini, hingga ke luar negeri nantinya, sehingga selain memberikan pelatihan slide presentasi dan infografis secara profesional untuk corporate dan institusi pemerintahan, kami bisa terus merasakan indahnya berbagi untuk orang-orang yang membutuhkan. Bismillah.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.