BLOG

Ide Itu Mahal

Setiap orang bisa memiliki ide atau gagasan. Tentu yang kita bahas disini adalah ide yang positif. Bernilai kebaikan dan menghasilkan. Berwirausaha, menulis buku inspiratif, ataupun membuat pelatihan life skill adalah beberapa contoh ide positif. Meski demikian, tidak semua orang mau mewujudkan idenya. Mengapa saya bilang “tidak semua orang mau“? Iya…, karena ternyata dari jumlah pemilik ide yang sedemikian banyak, ternyata hanya segelintir orang saja yang mau merealisasikannya.

Ada beberapa alasan yang terungkap. Seperti takut idenya tidak bagus, takut gagasan sudah dimiliki orang lain, atau takut idenya tidak diterima. Ini wajar, karena rasa takut dimiliki setiap manusia. Walaupun menurut saya, sejatinya ketakutan seperti itu tidak beralasan. Iya, seperti kita takut kepada bayangan kita sendiri. Kita takut kepada sesuatu yang berasal dari kita, dari hasil berpikir kita dan belum tentu terjadi penolakan terjadi ide itu disampaikan.

Menurut saya, alangkah lebih realistis jika kita takut tidak bisa lagi menghasilkan ide. Otak kita malas bekerja karena seringkali membuang ide-ide berharga dengan percuma. Ide-ide itu hanya berlalu sepintas di pikiran kemudian hilang begitu saja.  Ide-ide itu malas untuk kita wujudkan karena ketakutan tidak beralasan yang mengunci gembok keberhasilan kita.

Bila Wright bersaudara menyerah untuk mewujudkan ide membuat manusia terbang, apakah kira-kira saat ini kita bisa melihat pesawat di angkasa? Bila Thomas Alfa Edison tak serius merangkai ide membuat bola lampu, apakah kita bisa melihat gedung dan kota benderang di malam hari? Jika saya tidak merealisasikan ide penulisan buku, apakah saya bisa memiliki karya best seller hingga saat ini? Jawabannya tidak. Kita takkan maju selangkahpun bila ide tidak diwujudkan dalam kenyataan.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , ,

Post a comment