BLOG

Ice Breaking Meeting Online

Virus korona yang masih mewabah hingga Bulan Ramadan 2020 ini membuat sebagian besar pekerjaan dilakukan di rumah. Bahasa kerennya Work From Home. Demikian juga dengan meeting, presentasi, launching produk hingga food delivery, semua dilakukan secara online.

Saya dan tim Kreasi Presentasi pun mengubah sebagian besar pelatihan kami yang awalnya bertatap muka langsung menjadi pelatihan di dunia maya. Di Bulan Ramadan ini pula tim KP mengadakan Kelas “Jadi Expert Spesial Ramadan” yang dihelat hampir tiap hari. Dan semuanya FREE via media Zoom. Keberadaan kelas online yang berlangsung tiap hari membuat kami harus kreatif dalam menghidupkan suasana pelatihan atau meeting online. Salah satunya adalah dengan Ice Breaking Meeting Online.

Di artikel ini, kami akan mencoba memberikan ide pada Anda untuk terus menyegarkan suasana dengan Ice Breaking meeting online, sehingga audiens tidak bosan dan lelah dalam mengikuti meeting online. Nah, apa saja Ice Breaking Meeting Online tersebut? Berikut berberapa alternatif diantaranya:

1- Tanya Kabar

Di seminar motivasi Anda seringkali diajak oleh pembicara untuk menjawab salam ketika ditanya, “Bagaimana Kabar Anda Hari ini?“. Nah, ini juga bisa kita terapkan dalam Ice Breaking Meeting Online. Bedanya, disini Anda meminta audiens masing-masing menuliskan apa jawaban ketika ditanya diminta sesuatu oleh pembicara.

Misal, salah satu peserta meeting online Anda bernama Mita. dan menuliskan jawaban salam, misalnya “Luar Biasa.” Maka, ketika pembicara memanggil nama Mita, dirinya pun wajib menjawab “Luar Biasa” sesuai dengan jawaban yang ditulisnya. Supaya lebih asyik lagi, jawaban salam peserta tidak boleh ada yang sama. Anda bisa memanggil nama peserta secara acak untuk tahu jawaban salam mereka.

2- Foto Pose Unik

Anda juga bisa memberikan Ice Breaking Meeting Online dengan meng-capture foto bersama peserta pelatihan Anda. Minta para peserta mengaktifkan webcam, menghadap ke layar dan menampilkan pose foto yang unik. Selain bisa menghidupkan suasana. Ini juga bisa jadi kenang-kenangan pelatihan yang positif.

3- Dua Benar Satu Salah

2 benar 1 salah, adalah ice breaking yang bertujuan mendekatkan pribadi peserta meeting online. Minta salah satu peserta untuk menuliskan 3 hal yang berhubungan dengan dirinya, 2 diantaranya benar dan 1 diantaranya salah. Lalu minta peserta lain untuk menebak hal yang salah tersebut.

Misal dalam meeting online ada A dan B. A menulis 3 hal tentang dirinya, dua diantaranya adalah benar: suka warna biru, makanan favorit soto ayam dan memiliki 2 anak. Lalu Anda bisa meminta B menebak mana diantara statemen A yang salah.

4- Kenal Aku Lebih Dekat

Ice Breaking Meeting Online ini juga mendekatkan sesama peserta. Anda bisa meminta para peserta untuk menunjukkan foto yang unik dari mereka yang ternyata lucu atau mengejutkan.

Misal, peserta menunjukkan foto yang seakan-akan berada di London, padahal alinya foto di Trans Studio Bandung. Atau peserta menunjukkan foto hewan peliharaan yang ekstrim, misal ternak buaya. Atau pula menunjukkan hobi bercocok tanam hidroponik dan lain sebagainya. Setelah itu, Anda bisa meminta peserta lain untuk memberi tanggapan positif.

5- Ini Apa Sih

Contoh ice breaking meeting online yang terakhir adalah “Apa Sih Ini”. Teknis ce breaking ini adalah menunjukkan foto yang telah di-perbesar, di zoom atau di makro dari sesuatu yang bisa kita jumpai sehari-hari.

Setelah itu, peserta yang men-share foto tersebut, wajib menunjukkan 1 kata benda dan 1 kata sifat yang mewakili foto. Misal, foto zoom dari waffle, diberikan kata petunjuk: makanan dan enak. Peserta lain lalu diminta menebak apa benda yang di-share dengan foto zoom di meeting online tersebut.

Nah, itulah 5 contoh Ice Breaking Meeting Online untuk Anda. Semoga bisa merefresh kelas online dan membuat Anda tetap produktif.

Oya, kami juga menyediakan 1000++ template slide presentasi infografis untuk Anda. Yang kami yakin bisa membantu Anda mempercepat dan merefresh ide presentasi. Di Ramadan ini kami tawarkan dengan harga promo 220ribu dari harga normal 499ribu. Artinya per slide-nya hanya sekitar 200 rupiah saja. Silakan klik gbr di bawah untuk pemesanan.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment