Hargai Materi Orang Lain

Beberapa kali peserta Amazing Slide Presentation menghampiri saya dan mengatakan, “Pak.. apa saya boleh meminta copy materinya, saya ingin menyampaikan materi ini juga?” Saya pun menjawab, “Maaf tidak boleh, ini produk perusahaan kami, jika ingin belajar lebih banyak dan menjadi bagian dari tim Kreasi Presentasi, gabung saja dengan associate trainer kami.” Sang penanya pun berkata, “O begitu ya…. Baiklah.”

Dulu, di awal-awal karir sebagai trainer, saya sering melakukan hal serupa. Meminta copy materi orang lain dan kemudian menyampaikannya atas nama saya. Padahal saya sama sekali tidak pernah andil dalam mendesain materi orang tersebut. Terus terang jika mengingat-ingat hal ini, saya malu. Saya menyadari kekeliruan saya, ketika materi saya sendiri dipresentasikan oleh orang lain atas nama dia. Tanpa izin dari saya. Padahal saya mendesain materi itu kurang lebih 3 bulan, melakukan riset baik secara online maupun offline, membaca puluhan literatur, hingga mendownload puluhan video dan audio yang memakan waktu dan biaya. Kata orang zaman sekarang, “Sakitnya tuh disini…” hehe.

Bercermin dari masa lalu saya, sekarang saya berprinsip, “Jika ingin materi presentasi Anda dihargai, maka hargai materi orang lain.” Inilah pentingnya hak cipta, karena kita tidak tahu berapa banyak waktu, tenaga dan biaya yang dia korbankan untuk membuat satu materi presentasi atau seminar dalam 2 hingga 3 jam, apalagi materi pelatihan hingga beberapa hari. Bisa jadi dia harus meninggalkan rumah untuk mendesain materi yang wow, memotret tempat dan mengabadikan event langka, mengorbankan waktu berharga bersama keluarga demi materi presentasi-nya. Karena itu pula saya dan tim mencoba menghindari sharing materi secara gratis, supaya saya juga adil terhadap tim Kreasi Presentasi yang telah bersusah payah mendesain materi, tentunya event gratis bisa dilangsungkan jika ada alasan tertentu, misal untuk Corporate Social Responsibility (CSR).

Oleh karena itu perlahan tapi pasti, saya pun mencoba memperbaiki kreatifitas saya, dengan banyak membaca literatur, bergaul dengan para praktisi, hingga pergi ke negeri sakura untuk mendapat ilmu terbaik tentang presentasi dan desain slide. Malu lah jika kita hanya menerapkan ATP atau Amati Tiru Plek (sama persis), karena itu menunjukkan betapa dangkal-nya kreatifitas, pengetahuan serta rasa kita untuk berkorban. Apalagi jika itu memang profesi Anda, trainer, motivator atau inspirator. Jangan sampai kita menginspirasi orang lain dengan materi yang bukan milik kita sendiri, tanpa izin. Bahasa yang halus disebut dengan duplikasi atau mencontek. Bahasa kasarnya disebut sebagai membajak materi orang lain. Mulai sekarang cobalah untuk hargai materi orang lain. Masa sih kita tidak bisa mendesain materi untuk diri sendiri? Saya yakin, kita semua bisa.

Saya pun telah meminta maaf kepada orang yang dulu materi nya pernah saya copy dan saya sampaikan begitu saja, tanpa izin dari dia. Alhamdulillah, beliau pun memaafkan. Dan saya berjanji, tidak akan memakai materi orang lain lagi, walaupun hanya 1 slide powerpoint. Bahkan saya sering menyebut beliau sebagai guru kehidupan saya di setiap presentasi yang saya sampaikan. Ini pun sebagai koreksi untuk kita semua, jika kita pernah melakukan hal yang sama, meminta maaf saja tidak lah cukup. Kita harus berjanji dan komitmen untuk tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama dengan ikut-ikutan menyampaikan materi orang lain, apalagi mengklaimnya dengan nama pribadi. Malu.

Dengan komitmen hargai materi orang lain, alhamdulillah, saya telah memiliki materi sendiri. Amazing Slide Presentation dan Design Your Presentation adalah materi orisinil yang sudah saya susun. Amazing Slide Presentation bahkan sudah dibukukan, dijadikan produk resmi CV. Kreasi Presentasi dan telah diajukan ke DitJen HAKI untuk memiliki legalitas dan merk dagang. Hanya associate trainer dengan sertifikat resmi saja lah yang berhak menyampaikan materi. Hal ini untuk menjaga kualitas dan orisinilitas ide.

Semoga sharing saya pagi ini bisa membuka mata dan pikiran kita tentang pentingnya prinsip untuk hargai materi orang lain, supaya kreatifitas kita terus berkembang dan diri ini punya integritas.

Salam Amazing.

8 thoughts on “Hargai Materi Orang Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.