Garr Reynolds Sensei

Setahun lalu, setelah terbitnya buku Amazing Slide Presentation (ASP) saya selalu mengungkapkan bahwa Presentation Zen merupakan buku yang menginspirasi ASP. Buku best seller dunia yang sudah diterjemahkan dalam 20 bahasa ini menjadi kunci utama terbitnya ASP. Dan bertemu dengan penulisnya sekaligus belajar langsung dengannya, Garr Reynolds sensei adalah impian saya. Kesempatan itu hadir kemarin di Kota Ikoma, sebuah kota di perfektur Nara, Garr Reynolds memberikan “Only One Course” yang diprakarsai oleh Walikota Ikoma. Hal ini tidak kami sia-siakan. Saya dan keluarga pun berangkat dari kota Kariya (dekat Nagoya) ke Ikoma yang berjarak 4-5 jam perjalanan dengan kereta.

Keluarga saya di dalam kereta Kintetsu Vista Car.

Acara presentasi berlangsung jam 18.30 malam, sekitar 300 ratus orang memenuhi Ikoma City Hall. Saya dan istri datang sekitar jam 18.15. Kami berdua pun masuk bersama para peserta seminar yang lain. Menempati tempat duduk paling depan, kami menyaksikan panggung yang sangat dekat dan slide Presentation Zen terpampang jelas di hadapan kami. Tak terduga ada seseorang yang kemudian menyapa kami berdua.

Slide Presentation Zen.

So you both came from Nagoya?” (Jadi Anda berdua yang datang dari Nagoya)

Sosok pria bertubuh tinggi, tegap, dengan jas hitam, namun murah senyum mengawali pembicaraan. Dialah Garr Reynolds sensei.

Dengan terkejut kami pun menjawab sambutan hangat dari beliau.

O…. yes, nice to meet you Garr Reynolds Sensei.” (senang bertemu Anda sensei).

I know you’re an professional presenter right? What are you doing in Japan and how long?”  (anda presenter profesional ya…, apa yang Anda lakukan di Jepang dan berapa lama?)

My wife is studying at Aichi University of Education for a year and a half, and I’m here to learn deeper about Presentation Zen.” (istri saya belajar di Aichi University, dan saya di sini ingin belajar lebih dalam tentang Presentation Zen).

O..really, I don’t know about it either.” (oya? saya juga ga tahu lho tentang Presentation Zen)

Dan kami bertiga pun tertawa bersama.

Garr Reynolds pun kemudian memanggil istrinya yang kebetulan hadir sebagai translator presentasinya dan mengenalkan kami padanya.

This is Dhony and Kuma. Kuma is a teacher and students here, Dhony is Indonesian Steve Jobs. Dhony and his wife, came from Nagoya, maybe tomorrow we can talk again together.” Ujar Garr Reynolds pada sang istri. Dan setelah sejumlah pembicaraan singkat, baik tentang buku Amazing Slide, Indonesia, Presentation Zen, audiens, saat presentasi pun tiba dan beliau kemudian berkata, “It’s about time, we’ll talk later.”

Sebelum presentasi dimulai, walikota Ikoma memberikan sambutannya. On time. Saya sempat berpikir walikota akan berpakaian resmi, dengan protokoler dan menggunakan podium, namun ternyata anggapan saya salah. Walikota Ikoma masih terlihat sangat muda, busana nya casual dengan t-shirt, dia memberi sambutan tanpa podium dan bersemangat. Dia mengatakan bahwa seminar ini adalah momen penting di Ikoma untuk meningkatkan pengetahuan tentang presentasi, sehingga presentasi bisa menginspirasi dan powerpoint tidak lagi membosankan. Bahkan beliau mengatakan ada peserta yang jauh-jauh datang dari Nagoya (itu kami… hehe).

Garr Reynolds sensei

Dan, saat presentasi Garr Reynolds sensei pun tiba. Dengan cool beliau menyampaikan konsepnya tentang Presentation Zen, sekaligus tips-tips presentasi memukau pada audiens. Presentasi disampaikan dalam 2 bahasa, Inggris dan Jepang. Dalam presentasi Garr Reynolds menekankan 3 hal yang harus diperhatikan untuk menampilkan presentasi yang bisa menggerakkan audiens, yaitu Preparation, Visual dan Delivery. Untuk materi presentasi Garr Reynolds sensei akan saya rangkum dan saya bagi di artikel lain, insya Allah dalam minggu ini. Dan materi tentang visual, sudah saya cakupkan dalam training Amazing Slide Presentation, jadi bagi Anda yang ingin tahu teknik beliau dalam mendesain slide kelas dunia, ikuti workshop ASP, sekaligus berinteraksi dengan saya langsung dari Jepang.

Saya dan istri bersama Garr Reynolds.

Seusai presentasi, keluarga saya dan keluarga Garr Reynolds pun sempat berbincang-bincang. Beliau mengucap terima kasih karena kami sudah hadir dan memberikan batik Amazing Slide Presentation untuknya. Karena sudah larut malam, waktu pun yang harus menutup perjumpaan kami, semoga ini menjadi pembuka hubungan persaudaraan bagi keluarga kami dan kunjungan kami nanti ke tempat beliau bisa makin berkesan, serta berharap suatu saat nanti, saya bisa mengajak beliau ke Indonesia untuk memperkenalkan Presentation Zen.

Alhamdulillah satu mimpi lagi terwujud.

Salam Amazing.

Nb: Terima kasih kepada keluarga Mbak Dian Novitasari, mahasiswa program Doktoral (Nara Institute of Scince and Technology) yang menyambut dan menjamu kami dengan hangat di Nara. Selamat atas kelulusannya. Semoga Allah membalas dengan kesuksesan yang kian berlipat ganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.