BLOG

DNA dan Penurunan Sifat

Di setiap inti sel manusia terdapat materi pembawa sifat yang disebut DNA. Penurunan sifat ini akibat peleburan gen dari Ayah dan Ibu, yang menghasilkan gen anak. Setiap DNA membawa jutaan protein yang memiliki kombinasi Adenin, Guanin, Timin dan Sitosin. Masing-masing kombinasi berbeda menurunkan sifat manusia yang berbeda pula.

Maka tak heran, seorang anak bisa memiliki wajah sang Ayah, rambut Ibu, kulit Ayah maupun mata yang mirip dengan Ibunda. Inilah bukti adanya penurunan sifat dari orang tua pada sang Anak.

Perlu kita tahu, bahwa yang disebut penurunan sifat ini adalah sifat fisik, bukan sifat mental. Gen hanya menurunkan sifat-sifat yang terlihat, seperti bentuk hidung, rambut, mata, bibir, bentuk wajah dan sebagainya. Untuk sifat mental, gen orang tua tidak menurunkannya kepada sang anak.

Seorang anak yang memiliki sifat pemarah, pemalu, penyabar, mudah bergaul, dan emosional, tidak diturunkan dari gen kedua orang tua. Seorang Ayah yang pemarah, tidak akan menurunkan sifat pemarahnya pada sang Anak. Demikian pula, Ibu yang mudah putus asa, tidak menurunkan sifat itu pada buah hatinya.

Sifat mental terbentuk dari pola pikir dan lingkungan kita. Andaikata ada sifat mental kita yang sama dengan orang tua kita, seperti pendiam dan jarang tersenyum, itu bukan karena sifat gen yang diturunkan, tetapi lebih karena kita yang mencontoh perbuatan orang tua.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment