BLOG

Desain Slide, Urgen Banget

Pak Dhony, ngapain susah-susah jadi pakar slide presentasi, memangnya desain slide itu penting?” Saya cuma tersenyum dengan perkataan seorang guru di hadapan saya. Karena setelah workshop penulisan di Probolinggo saya harus segera kembali ke Surabaya, saya pun menjawab, “Maaf ya Bu, saya tidak bisa bicara panjang, saya mau kembali ke Surabaya, insya Allah jawabannya besok ada di blog saya.”Tulisan ini juga merupakan tanggapan bagi Anda yang mungkin menganggap desain slide presentasi tidak perlu diperhatikan saat presentasi.

Nah, sebelum menjawab apakah desain slide urgen atau tidak, saya ingin bertanya kepada Anda:

  1. Apa pendapat Anda, bila Anda menjadi audiens dalam sebuah seminar, lalu layar projector yang merefleksikan slide pembicara penuh dengan tulisan?
  2. Apa pendapat Anda, jika seorang presenter menampilkan slide dengan warna yang tajam dan mencolok mata, mulai awal presentasi hingga akhir slide?
  3. Apa pendapat Anda, jika tampilan slide di layar, sama persis dengan modul atau handout yang Anda terima dalam sebuah seminar?
  4. Apa pendapat Anda, jika seorang presenter tidak menguasai isi presentasi sehingga selalu menghadap ke layar projector tanpa mempedulikan peserta seminar?

Saya yakin, Anda akan berpendapat bahwa presentasi yang ditampilkan akan membosankan, bahkan Anda bisa jadi keluar tempat seminar, sebelum seminar tersebut selesai. Sedangkan peserta lain yang bertahan di dalam ruang seminar, akan sibuk sendiri, bisa jadi bermain gadget, ngobrol dengan rekan atau melakukan aktifitas lain yang tidak berhubungan dengan seminar. Jika hal ini terjadi, maka bagi peserta, seminar adalah sesuatu yang menjemukan. Sedangkan bagi presenter, cueknya para peserta adalah tamparan yang luar biasa.

Karena itulah membuat sebuah presentasi berkesan itu sangat penting. Sedangkan desain slide adalah bagian dari presentasi, maka desain slide juga sangat urgen. Mengapa saya memilih menjadi pakar slide presentasi? Terus terang pakar public speaking sangat banyak di negeri ini. Pakar penulisan juga demikian. Pakar presentasi tak kalah dalam hitungan, sangat berlimpah. Namun pakar slide presentasi hampir nol di negeri ini. Karena itulah saya mengisi kursi kekosongan yang ada, sehingga masing-masing pakar presentasi bisa saling melengkapi satu sama lain.

Saya pun ingin mengajak Anda peduli dengan desain slide presentasi. Salah satunya dengan mengikuti workshop desain slide presentasi, Amazing Slide Presentaion batch 3, 27 & 28 Oktober 2012 di Fave Hotel Surabaya. Jam 08.30 hingga jam 17.00 WIB. Banyak testimoni positif yang sudah masuk, bahkan hampir semua alumnus batch sebelumnya menjadi pakar slide di institusi masing-masing. Pak Hudiyo (peserta batch 1) misalnya, beliau menjadi dosen dengan slide terbaik di Universitas Surabaya (Ubaya), Bu Yuni (peserta batch 2) desainer slide terbaik di SMPN 32 Surabaya, Mbak Farah (peserta batch 2) menjadi pakar slide di kalangan mahasiswa, Pak Yusuf (Tjiwi Kimia) menjadi expert di perusahaannya, dan Mbak Meida (mhs Unesa) mendapat pujian dari juri Karya Tulis Mahasiswa dengan desain slidenya.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  • Aldo Aressa

    Salam Hebat Manfaat, Pak Dhony Firmansyah. Saya juga berminat loh mempunyai slide presentasi yang memukau. 🙂

    Reply

Post a comment