BLOG

Desain Slide untuk Ratusan Audiens

Desain slide untuk ratusan audiens tentu berbeda dengan desain slide untuk puluhan ataun bahkan belasan orang audiens. Desain slide untuk ratusan audiens kemungkinan besar bisa dipakai untuk audiens berjumlah belasan orang, namun sebaliknya desain slide untuk belasan orang audiens belum tentu bisa digunakan dalam presentasi di depan ratusan audiens. Apa bedanya? Jillian Kuhn Warren, seorang ahli komunikasi media asal Amerika sekaligus former manager dari Viget, mengungkap bagaimana format desain slide yang optimal untuk presentasi di depan ratusan audiens. Apa saja tips dari Jillian Warren, yuk kita simak sama-sama:

Satu: Jangan memenuhi slide dengan teks. Gunakan beberapa kata saja di dalam slide Anda. Slide digunakan untuk memperjelas presentasi Anda. Bukan sebaliknya. Maka gunakan desain slide dengan beberapa kata saja. Apalagi jika Anda harus berhadapan dengan ratusan audiens. Makin banyak kata, makin kecil ukuran hurufnya. Tentu akan kian susah dibaca audiens. Meletakkan semuanya di dalam slide, justru membuat audiens kehilangan semuanya.

Dua: Tampilkan pesan penting pada desain slide untuk ratusan audiens di bagian atas dua pertiga dari slide Anda. Seperti apa maksudnya? Saya akan menjelaskan dengan diagram slide berikut. Slide saya bagi menjadi tiga bagian horizontal sama besar. Nah, dua bagian atas yang ada tanda panah itulah tempat Anda menempatkan pesan pada tiap slide.

Dua per tiga bagian atas slide, signifikan untuk menempatkan teks.

Mengapa pesan tidak boleh ditempatkan pada bagian bawah? Perlu diingat Anda akan menghadapi ratusan audiens. Tempat duduk mereka bisa sejajar, namun tinggi mereka tidak sama. Ada kemungkinan pandangan audiens di bagian belakang terhalang oleh audiens yang duduk di depannya. Supaya pesan Anda terbaca dengan mudah, tempatkan teks pesan di bagian atas dua pertiga dari slide. Ini contohnya, hasil foto saya di Kota Kariya, Jepang, saya menempatkan teks “Amazing Slide Presentation in Kariya” di bagian atas slide, ini lebih mudah dibaca oleh audiens yang ada di bagian belakang.

Amazing Slide Presentation in Kariya, tulisan di bagian atas slide lebih mudah dibaca untuk ratusan audiens.

Tiga: Gunakan gambar lebih banyak dari teks. Gambar atau image, lebih visual dan lebih mudah diingat dibanding teks. Gambar juga bermakna 1000 kata. Gunakan image untuk mempermudah penyampaian pesan Anda. Tentu dengan catatan, gambar tersebut berkualitas tinggi, mampu dilihat dengan jelas oleh ratusan audiens.

Empat: Minimalisir Bullet Point. Entah ini sebuah pola atau tidak, namun setiap kali saya melihat presentasi dimana slide berisi banyak bullet point, presenter seakan terpaku pada poin-poin yang tercantum di dalam slide. Apalagi bullet point selalu diikuti oleh kata atau kalimat. Presenter seringkali tampak membacanya. Oleh karena itu cobalah sedini mungkin menghindari penggunaan bullet point, kecuali memang diperlukan, misalnya untuk menyampaikan kesimpulan presentasi. Dengan ini desain slide untuk ratusan audiens yang Anda susun kian keren dan mampu mendukung presentasi dengan sempurna.

Semoga bermanfaat.

Salam Amazing (Pakar Slide | Slide Presentation Expert | @DhonyFirmansyah).

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment