Desain Slide Presentasi – Seni Font

Untuk menyampaikan pesan dalam desain slide presentasi, selain harus jelas dan ringkas juga butuh menampilkan jenis huruf (font) yang mengandung nilai seni. Memasukkan nilai seni di dalam desain slide presentasi khususnya jenis huruf, memang tidak mudah. Perlu latihan dan kepekaan, sehingga font kita sesuai dengan karakter slide presentasi yang akan kita tampilkan.

Oleh karena itu, izinkan saya berbagi 3 jenis font wajib yang bisa Anda gunakan untuk menambah nilai seni dan artistik dalam slide presentasi. Jenis font apa sajakah itu? Yuk kita simak sama-sama:

1. Font Humanis

Jika Anda pernah membaca buku Amazing Slide Presentation, pasti Anda memahami tentang font humanis. Font humanis adalah jenis huruf yang mampu mempengaruhi audiens di bawah alam sadarnya. Font humanis hamper sama dengan font standar pada umumnya. Namun font humanis memiliki lekukan yang oleh para ahli tipografi disebut mampu mempengaruhi pemahaman manusia.

Contoh font humanis adalah “Myriad Pro” dan “Gill Sans”. Font humanis bisa diletakkan dalam slide dengan tujuan mempengaruhi audiens secara emosional dan personal. Misal menggunakan font humanis pada profil Anda, ini positif untuk selangkah mendekatkan audiens dengan Anda.

Contoh profil dengan font “Gill Sans”

2. Font Kaligrafi

Seperti namanya, font ini penuh banyak lekukan yang menghubungkan satu huruf dengan huruf yang lain. Ini yang membuat font kaligrafi seperti “Freestyle script” atau “Learning Curve” menjadi terkesan klasik dan fleksibel. Meletakkan font kaligrafi menjadi bagian dalam tulisan, menjadikan slide Anda tampak penuh seni dan serius dalam persiapannya.

Contoh desain slide perpaduan font “Myriad Pro” dengan font kaligrafi “Alex Brush”

3. Font dekoratif

Font dekoratif adalah jenis font dengan no rules di dalamnya. Font dekoratif memerlukan kejelian Anda dalam meletakkannya. Misal, jika Anda menggunakan background papan iklan, Anda bisa menggunakan font “BP Dots” untuk melengkapinya. Sedangkan jika Anda menggunakan latar belakang mobil klasik era 70-an, font seperti “Connie”, cocok untuk melengkapi narasi slide Anda.

Contoh desain slide dengan font “Connie”

Sekali lagi, menumbuhkan sense of art dalam desain slide perlu waktu, seperti halnya menguasai skill yang lain seperti teknik presentasi misalnya, nah karena itu wajib bagi kita untuk berlatih dan berlatih lagi, supaya presentasi kita makin memukau.

Salam Amazing.

2 thoughts on “Desain Slide Presentasi – Seni Font

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.