BLOG

Desain Slide Presentasi – PUNCH Opening

Tampilan media presentasi yang menarik bisa membantu Anda untuk lebih percaya diri sebagai presenter. Media presentasi merupakan cerminan kesiapan presenter dalam menghadapi sebuah presentasi. Slide powerpoint yang dipenuhi oleh teks, bisa menunjukkan keberadaan pemateri yang kurang percaya diri dengan konten yang disampaikan. Teks yang padat seakan menjanjikan tidak ada satupun pesan yang terlewat oleh presenter, padahal esensi presentasi adalah sebaliknya, upayakan tak ada satupun pesan penting yang terlewat oleh audiens.

Menarik audiens untuk memperhatikan presentasi Anda bisa diawali dengan opening slide yang wow. Upayakan slide opening Anda membelalakkan mata audiens untuk pindah sejenak dari aktifitas mereka dan kemudian konsen dengan presentasi Anda. Dalam workshop Amazing Slide Presentation, slide pembuka yang berkelas seperti ini saya sebut dengan PUNCH Opening.

PUNCH dalam bahasa Indonesia berarti pukulan, namun sejatinya ini adalah akronim yang saya susun supaya mudah diingat oleh audiens. PUNCH singkatan dari Picture, Unique, Natural, Clear & Hot. PUNCH opening meningkatkan konsentrasi awal audiens untuk mengikuti pembicaraan Anda. Lalu seperti apa slide presentasi yang mewakili PUNCH Opening? Berikut penjelasannya:

Picture, gunakan big picture untuk mewakili judul Anda. Upayakan gambar tersebut sesuai dengan konten presentasi Anda. Big picture membantu audiens untuk mengingat. Ini membantu presenter mempercepat transfer materi.

Unique, gambar atau pesan yang unik pasti sangat menarik bagi siapapun. Maka judul yang menarik berupa judul atau kata-kata pasti selangkah lebih maju untuk menarik perhatian audiens.

Natural, jangan mendesain slide dengan memaksakan paduan gambar dan tulisan yang tidak matching. Keep natural saja.

Clear, usahakan pesan yang terpampang dalam judul jelas adanya bagi audiens. Maksud jelas disini adalah audiens mengerti dan memahami, bahwa tujuan presentasi Anda adalah A dan mereka pun mencari hal yang sama.

Hot, hot bukan berarti harus menampilkan gambar pria tampan atau wanita cantik (tapi kalau mau pakai gambar tersebut silakan saja hehe). Hot disini maksudnya informasi presentasi yang akan Anda sampaikan masih hot atau panas atau up to date. Sehingga audiens antusias.

Lalu seperti apa contoh slide yang merangkum PUNCH opening tersebut? Ini contohjudul  slide yang nge-PUNCH dan saya ambil dari SOAP presentations:

pro1

pro2

Semoga tips PUNCH Opening ini bermanfat untuk Anda, Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , ,

Post a comment