BLOG

Desain Slide Presentasi – Optimasi Callouts

Bagi seorang presenter, bisa menggunakan powerpoint atau software presentasi lainnya adalah kewajiban. Alangkah lebih hebat lagi ketika setiap slide dalam presentasi yang kita hadirkan mampu dioptimasi. Nah, berikut saya ingin berbagi tips optimasi desain slide presentasi, tentang callouts.

Pasti diantara Anda ada yang bertanya apa itu callouts? Nah, dalam software presentasi atau powerpoint, seringkali kita menggunakan bantuan shapes (seperti lingkaran, kotak maupun elips) untuk menempatkan teks. Callouts adalah salah satu jenis shapes yang biasa dipakai dalam komik atau bacaan bergambar untuk menunjukkan siapa yang berbicara.

Terus terang, selama menekuni dunia desain slide presentasi, sangat jarang saya menemui presenter yang menggunakan callouts dalam slide presentasi mereka. Padahal callouts secara tidak langsung mampu menggerakkan cara berpikir audiens sesuai keinginan presenter. Callouts secara bawah sadar bisa mempengaruhi audiens untuk berpendapat seperti yang ditampilkan dalam slide presentasi. Berikut adalah contoh desain slide presentasi menggunakan callouts dan penjelasannya:

1. Untuk menggerakkan cara berpikir audiens sesuai keinginan kita, maka Anda bisa mengubah tampilan powerpoint yang biasa dan umum, kemudian Anda optimasi dengan callouts. Hal ini secara tidak langsung membuat audiens menjadi pelaku dalam materi Anda, bukan pengamat semata.

Contoh slide yang Umum ditampilkan tanpa optimasi callouts.

Contoh slide yang Umum ditampilkan tanpa optimasi callouts.

Contoh slide yang telah dioptimasi dengan callouts.

2. Optimasi callouts hampir sama dengan optimasi teks. Tunjukkan callouts agar lebih visual dibanding background. Oleh karena itu minimalisir tampilan background yang mencolok. Berikut adalah contoh desain slide presentasi tanpa callouts dan setelah menggunakan callouts. Coba perhatikan background-nya.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , ,

  • Kuma

    Kadang takut jelek kalo pake callout…. Namun dengan pilihan warna yg tepat, bagus juga ya… ^^)

    Reply
  • ita @EnnyRahmita

    Ada aja idenya pak dhony yaa.. biasanya callout keliatan gak pas, tapi ternyata bisa keren deehhh ..

    Reply
  • Muhammad Roziq

    pak dhony, acara di hotel santika itu untuk umum kan?? kalo iya berapa kuota yang disediakan? terimakasih.. salam amazing 🙂

    Reply

Post a comment