BLOG

Desain Slide Presentasi – Optimasi Background

Mencari gambar background itu mudah, kita bisa klik mesin pencari seperti Google, lalu mengetikkan kata kunci sesuai keinginan kita. Hanya saja, tidak selamanya background yang bagus dapat memenuhi kepuasan kita untuk ditampilkan dalam slide presentasi. Memuaskan visual adalah tujuan utama dari background di dalam desain slide presentasi. Karena itu rule visual sangat berpengaruh dalam optimasi background.

Di samping ukuran background yang besar, penempatan lapang pandang background sangat berpengaruh untuk membuat desain slide presentasi lebih visual. Lapang pandang background ini sangat dipengaruhi oleh rule of thirds yang sudah saya bahas dalam artikel yang lalu.

Jika kita ingin membuat background lebih visual, lebih dekat dengan audiens, sekaligus memudahkan kita untuk menempatkan tulisan maka jangan tempatkan garis horizon tepat di tengah gambar, namun letakkan garis horizon di 1/3 atau 2/3 lapang pandang.

Optimasi back1

Contoh background yang belum dioptimasi, meski background tajam, namun tulisan terlalu dekat dengan garis horizon bumi.

Optimasi back2

Ketika diberi garis 1/3 dan 2/3 terbukti bahwa lapang pandang horizon tidak terletak tepat di 1/3 atau 2/3-nya

Caranya? Cobalah bagi gambar background menjadi 3 bagian yang sama secara horizontal (garis virtual). Lalu tempatkan garis horizon gambar ke garis virtual yang sudah kita buat. Dalam rule of thirds, garis virtual ini adalah identik dengan lapang pandang mata manusia di atas dan bawah ketika manusia melihat sesuatu.

Optimasi back3

Ketika lapang pandang horizon diturunkan 2/3 dari gambar.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  • nfrozi

    Keren 🙂 #niceShare, Pak

    Reply
  • gusti orrin

    so amazing…

    Reply
  • Rosa Herdiansyah

    Amazing pak Dhony

    Reply
    • Dhony Firmansyah

      Terima kasih Pak

      Reply
    • yuli suharto

      Assalammualaikum.Wr.Wb.
      Sebelumnya saya,memperkenalkan diri
      Nama saya, Yuli Suharto,saya seorang praktisi pendidikan,beralamatkan perum Mutiara Garden Lengkong Mojokerto Jatim.saya mempunyai LBB yang beda dengan lainnya,Lbb kami menekankan pada anak-anak agar mempunyai habit dalam belajar,dan untuk masalah nilai sekolah tergantung dari proses mereka belajar dan juga bimbingan dari Lbb kami.Kami juga mengadakan kelas Character Building.Tujuan kami mengadakan ini semua agar terbentuk manusia ber-IPTEK dan ber-IMTAQ.Permasalahan saya adalah, bagaimana untuk menampilkan presentasi yang menarik dan anak -anak terfokus pada permasalahan yang dibicarakan ? murid saya terdiri dari anak-anak SD dan SMP.Wassalamualaikum Wr.Wb

      Reply
      • Dhony Firmansyah

        Wa’alaikum slm, wah jawabannya panjang ya Pak Yuli. Tp yg sy tahu presentasi yg menarik itu sesuai dgn dunia mrk, baik materi maupun contohnya. Jgn terlalu panjang, to the point sj. Oya, tipikal org indonesia suka kisah dan humor. Bs diperbanyak. Utk slide, gunakan karakter yg mereka sukai. Misal anime spt Naruto. Terima kasih.

        Reply
  • Optimasi Background dalam Slide » Kreasi Presentasi

    […] Oleh: Dhony Firmansyah […]

    Reply

Post a comment