BLOG

Desain Slide Presentasi – Menyederhanakan Data Tabel

Salah satu data yang sangat sulit diingat dan dicerna audiens dalam slide presentasi adalah data yang ditampilkan dalam tabel. Tabel terdiri dari kolom dan baris yang terisi data. Sangat jarang kita menemui presenter kelas dunia menampilkan desain slide presentasi dengan tabel di dalamnya. Namun andaikata kita harus menampilkan data tersebut, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum menampilkannya di depan audiens. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Perlu kita tahu semakin banyak data yang terpampang di dalam slide sebenarnya semakin tidak efektif-lah presentasi kita. Bayangkan dalam sebuah seminar Anda dihadapkan dengan presenter dan slide presentasi yang penuh dengan tabel dan angka.  Belasan bahkan puluhan data ditampilkan di hadapan Anda. Saya yakin, mungkin awalnya Anda memandangi data itu satu persatu, namun selepas 30 detik Anda tidak akan lagi telaten melihat angka dan penjelasan dalam table yang sangat kecil. Lelah.

Lalu, setelah presentasi usai, adakah data-data tersebut yang masih terngiang atau bahkan menggerakkan Anda untuk mengembangkan diri lebih lanjut? Kalaupun ada, kemungkinannya sangat kecil. Karena kita sudah enggan untuk memandang slide. Akhirnya informasi gagal tersampai.

Nah, disini saya akan berbagi cara menampilkan dan menyederhanakan data dalam tabel sehingga desain slide presentasi kita efektif. Berikut langkahnya:

PERTAMA. Jika ada banyak data di dalam tabel (lebih dari 5 baris dan kolom) saya sarankan Anda masukkan data tersebut dalam modul presentasi, sehingga audiens satu per satu mampu melihat angka dan penjelasan di dalamnya dengan clear.

data tabel penuh

Lebih baik data seperti ini tidak perlu ditampilkan dalam slide, sangat padat dan tidak efektif. Silakan mencantumkan data ini dalam modul presentasi.

KEDUA. Tentu dalam presentasi Anda tidak akan membahas semuanya, hanya bagian tertentu dari tabel itu saja. Maka taruhlah cuplikan tabel tersebut ke dalam slide presentasi.

cuplikan data tabel

Ini adalah contoh cuplikan data dalam slide presentasi yang akan dibahas lebih lanjut. Lebih sederhana bukan.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment