BLOG

Desain Slide Presentasi – Menempatkan Tulisan

Desain slide presentasi. Tak jarang sebagai seorang presenter kita dihadapkan pada sejumlah pilihan sulit dalam menempatkan tulisan, khususnya pada desain slide presentasi. Terkadang kita sudah memiliki background yang bagus, namun gara-gara tulisan kita terlalu banyak, kita menutupi gambar yang sudah susah payah kita cari di Google. Atau kadangkala space atau ruang pada gambar tidak sepadan dengan jumlah tulisan yang harus kita masukkan dalam slide. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Bagaimana kiat supaya berapapun tulisan yang kita miliki masih bisa muat dalam slide dan tetap bisa terbaca dengan jelas? Berikut kiat singkat desain slide presentasi :

  1. Usahakan jangan memaksakan mengkopi paste paragraf ke dalam slide presentasi. Ini akan menyiksa mata audiens. Makin banyak tulisan dalam slide, audiens akan kian sibuk membacanya dan melupakan presentasi Anda.
  2. Ambil kata kunsi-kata kunci yang penting, dan kemudian rangkai menjadi satu kalimat. Ini akan menghemat slide dan memudahkan audiens memahami presentasi Anda. Untuk lebih lengkapnya, silakan membaca artikel saya sebelumnya “Tips Menemukan Ide dan Kata Kunci”.
  3. Carilah background dengan ruang tulisan yang luas. Sehingga memudahkan Anda menempatkan tulisan dimanapun dan masih nyaman untuk terbaca. Jangan memaksakan menutup background Anda dengan tulisan. Tahukah Anda, gambar seringkali lebih mengena ke hati audiens dibanding tulisan. Lalu, bagaimana cara memilih background yang tepat? Selengkapnya bisa membaca artikel saya “Kiat Memilih Background dalam Slide Presentasi”.
  4. Gunakan font yang mudah dibaca dan mempengaruhi audiens. Font yang sulit terbaca seperti Baby Kruffy, Angel Tears, atau Champignon Alt Swash, memang artistik. Namun artistik bukan berarti harus menjadikan font tersebut sebagai tipe huruf dalam kalimat dalam slide presentasi. Justru audiens akan kesulitan merangkai kalimat yang Anda taruh dalam slide.
  5. Tempatkan kalimat di bagian atas slide, bila perlu dengan huruf besar, jika itu merupakan judul atau sub judul dari slide presentasi Anda.
  6. Lebih baik Anda menempatkan tulisan tepat di tengah slide atau di bagian bawah slide, jika kalimat yang Anda maksudkan adalam kalimat penjelas slide presentasi.
  7. Gunakan maksimal 3 tipe font dalam satu slide presentasi, jangan lebih dari itu. Bagi saya 2 jenis font, adalah optimal dalam satu slide. Jangan memaksakan slide dengan banyak tipe font, karena slide presentasi yang optimal adalah didesain bukan didekorasi.

Demikian tips menempatkan tulisan dalam desain slide presentasi. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam menyusun presentasi.

Selamat berlatih.

Desain Ciamik dengan Rule of Thirds

Dalam dunia fotografi istilah rule of thirds bukan lagi sebuah hal yang asing. Namun ternyata rule of thirds juga bisa diaplikasikan dalam desain slide presentasi powerpoint atau keynote. Saya sendiri sering mengenalkan dan berbagi rule of thirds dalam setiap pelatihan powerpoint yang diprakarsai oleh Kreasi Presentasi bekerja sama dengan perusahaan …
desain slide presentasi

Pelatihan powerpoint bersama pakar slide presentasi, 22 & 23 Juni 2013 di Jakarta

Garr Reynolds bersama buku Amazing Slide Presentation

 

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment