BLOG

Desain Slide Presentasi – Kemiringan Teks

Ibu saya pernah berkata, “Kalau kamu ingin membuat masakan yang enak, maka bukan bumbu dan cara memasak saja yang harus benar. Tapi perasaan dan rasa cintamu terhadap masakan harus ikut serta.” Kata-kata Ibu saya ada benarnya. Tak pernah sekalipun saya merasakan masakan beliau hambar. Semuanya nikmat. Apalagi ketika beliau memasak sayur bali kesukaan saya. Saya bisa nambah dua hingga tiga kali. Awalnya istri saya tidak percaya, tapi ketika dia merasakan masakan ibu saya, akhirnya dia nambah juga. Hehe (iya kan Sayang…..).

Mendesain dan memasak memiliki prinsip yang hampir sama. Untuk mendesain sesuatu, bukan hanya ilmu dan teori yang harus kita miliki, tetapi juga gairah untuk belajar dan rasa cinta terhadap desain harus ikut serta di dalamnya.

Seringkali saya menggunakan contoh fenomena alam sebagai inspirasi presentasi dan desain slide presentasi saya. Kalau kemarin saya menggunakan bambu, kali ini saya akan mengambil gunung sebagai inspirasi desain slide presentasi.

Tahukah Anda, setiap gunung adalah keindahan alam yang luar biasa. Selain pesona ekosistem yang memukau, yang membuat setiap dataran tinggi ini menjadi indah adalah kemiringannya. Secara visual, jika kita mau menggambar, kemiringan gunung dimulai dari kiri bawah bergeser naik ke kanan atas. Setelah sampai puncak, maka kemiringan gunung pun berganti sebaliknya, dari kiri atas turun ke kanan bawah.

Kemiringan ini membuat gunung menonjol dan tampak sangat visual. Anda bisa menggunakan kemiringan gunung sebagai inspirasi penempatan teks dalam desain slide presentasi. Anda pun dapat menggunakan kemiringan teks seperti halnya sudut kemiringan gunung sehingga slide tampak lebih visual. Lebih eyecatching. Ibaratkan image sebagai puncak gunung Anda. Maka dari situlah kemiringan teks bisa Anda prediksi.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment