BLOG

Desain Slide Presentasi – Jangan Salah Warna

Desain slide presentasi. Membuat slide presentasi yang menarik apalagi berpengaruh memang gampang-gampang susah. Gampang jika kita sudah terbiasa mendesain slide, memahami ilmunya dan sering sharing serta evaluasi dengan rekan seprofesi. Susah jika kita jarang membuat slide presentasi, seringkali copy paste dan hanya mengandalkan materi orang lain untuk dipakai sebagai bahan presentasi.

Nah, salah satu ilmu yang wajib kita miliki untuk mendesain slide presentasi adalah perpaduan warna. Dengan memadukan warna yang eyecatching, presentasi kita akan tampak ciamik dan berkelas. Sebaliknya warna yang asal tempel, lambat laun menjadikan slide presentasi kita tampak menjemukan dan tak sedap dilihat. Ada beberapa tips memadukan warna yang akan saya bagi pada artikel ini. Tips selengkapnya bisa Anda simak dalam buku ketiga saya “Amazing Slide Presentation” terbitan MediaKita.

Berikut adalah 4 tips perpaduan warna yang saya rasa bermanfaat untuk Anda:

  1. Untuk huruf gunakan warna standar, hitam atau putih. Dalam sebuah slide presentasi, kata-kata adalah penghubung gambar slide dengan presentasi kita. Jadi usahakan kalimat yang tertulis mudah untuk dibaca. Saya menyarankan Anda menggunakan warna dasar, yaitu hitam atau putih. Hitam jika background Anda terang, dan putih jika background Anda gelap. Anda boleh menggunakan warna lain, namun hati-hati pemilihan warna yang salah akan membuat tulisan Anda tampak tidak elegan dan susah dibaca.
  2. Sebelum presentasi, perhatikan dulu tempat presentasi Anda. Jika ruangan tempat presentasi Anda terang, seperti di aula, tempat ibadah, balai terbuka dan lain-lain, maka lebih baik hindari background yang gelap. Resolusi layar LCD akan kalah oleh terangnya sinar matahari. Usahakan gambar Anda terang saja, seperti putih atau warna-warna muda.
  3. Sebaliknya jika ruangan presentasi Anda gelap, Anda bebas menggunakan background terang atau gelap. Namun perlu diperhatikan di ruangan yang gelap seperti ruang multimedia, background slide yang terang akan cepat melelahkan mata. Lebih baik pakailah background yang tidak terlalu terang namun tetap jelas dipandang.
  4. Sesuaikan warna background slide Anda dengan karakter audiens. Jika mayoritas anak muda gunakan warna-warna yang muda juga. Jika audiens Anda karyawan perusahaan, maka usahakan menggunakan warna background yang sesuai dengan nuansa kantor mereka. Ini membuat Anda bisa lebih dekat dengan audiens.

Semoga tips tentang warna di atas bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa untuk membaca tips selengkapnya di buku “Amazing Slide Presentation”. Selamat berlatih.

Desain Slide Presentasi – Karakter Font Serif

Desain slide presentasi. Dalam dunia jurnalistik khususnya penulisan, kita mengenal ilmu yang disebut tipgografi. Tipografi adalah ilmu yang mempelajari jenis dan karakter huruf, terutama huruf cetak. Sedangkan ilmu yang mempelajari karakter tulisan tangan disebut dengan grafologi. Nah, kali ini saya akan sedikit mengulas desain slide presentasi tentang tipografi, yaitu font …

desain slide presentasi

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment