BLOG

Desain Slide Persegi

Seorang presenter yang biasa menggunakan Powerpoint pasti sangat familiar dengan setting halaman slide di dalam software tersebut. Umumnya halaman Powerpoint maupun Keynote memiliki dua macam seting tampilan, format 3:4 dan format 9:16. Format 3:4 adalah format klasik. Biasa digunakan jika kita presentasi dengan bantuan media lcd projector. Sedangkan format 9:16 adalah format tampilan terbaru. Format ini sangat mendukung visualisasi lcd monitor yang berbentuk persegi panjang. Manakah yang harus kita gunakan? Menurut saya tergantung kebutuhan Anda, sesuai dengan tools dan perlengkapan presentasi yang Anda gunakan.

Akan tetapi di artikel ini saya tidak akan menyoroti format 3:4 atau 9:16. Akan tetapi saya menyoroti bentuk kostumisasi dari desain slide. Ya, seperti judul, desain slide persegi. Menampilkan visualisasi slide Powerpoint atau keynote dengan ukuran panjang dan lebar yang sama persis. Unik dan lain daripada yang lain. Seperti apa desain slide persegi itu, bagaimana cara membuatnya dan untuk apa penggunaannya, silakan simak penjelasan di bawah ini:

1- Atur ukuran halaman.

Untuk membuat desain slide persegi, maka aturlah ukuran halaman slide Powerpoint atau Keynote dengan ukuran yang sama, bisa 20cm x 20cm atau 30cm x 30cm. Mengapa ukuran harus selebar itu? Ukuran ini cukup besar dan cukup lebar memudahkan Anda mengatur tampilan slide. Selain itu makin lebar ukuran slide kian menajamkan visual slide Anda.

2- Perbandingan image dan teks 1:1.

Sesuai dengan namanya, desain slide persegi, slide dengan ukuran panjang dan lebar yang sama. Kesamaan ukuran ini juga berpengaruh pada perbandingan teks dan gambar dalam slide. Secara umum, perbandingan yang bagus dalam desain slide persegi adalah 1:1. Gunakan image dan teks dengan proporsi ukuran yang hampir sama. Proporsi yang hampir sama luasnya ini juga menyeimbangkan komposisi dalam desain slide persegi Anda.

Contoh tampilan desain slide persegi dengan perbandingan teks:image = 1:1

3- Tidak direkomendasikan untuk presentasi.

Apakah desan slide persegi bagus untuk ditampilkan dalam presentasi sebagai urutan materi? Sebaiknya jangan. Lebih baik Anda menghindari penggunaan slide persegi dalam presentasi. Mengapa? Ukuran persegi akan tampak sangat kecil dalam visualisasi slide. Tampilan media slide Anda akan tampak pipih dan kurang bergairah. Menurut saya lebih baik Anda pakai ukuran slide standar untuk presentasi, yaitu 3:4 atau 9:16.

4- Visualisasi ampuh untuk quotes dan jejaring sosial.

Lalu jika bukan untuk presentasi, untuk apa saya membuat desain slide persegi? Tahukah Anda, bahwa desain slide persegi sangat manjur diaplikasikan dalam desain quotes (kata-kata bijak) maupun tampilan di jejaring sosial seperti instagram, twitter maupun facebook. Mengapa? Karena ukuran persegi sangat bersahabat untuk tampilan pc maupun smartphone, yang saat ini mendukung visualisasi jejaring sosial responsif. Ukuran persegi mudah diupload dan fix dalam berbagai foto profil jejaring sosial. Pastikan porsi desain Anda pada tempatnya dan desain slide persegi porsi sesungguhnya ada di jejaring sosial, bukan presentasi.

Salah satu contoh update event Amazing Slide.

Nah, itulah 4 tips bagaimana mendesain dan menggunakan desain slide persegi, semoga tips kali ini bermanfaat untuk Anda.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , ,

Post a comment