Desain Slide Memukau ala TEDx

TEDx adalah salah satu komunitas presentasi terbesar di dunia, terdapat di lebih dari 50 negara. Dengan semboyan “Ideas Worth Spreading”, TEDx telah menampilkan ribuan pembicara ternama di dunia. Presentasi mereka diunggah ke web TED, diterjemahkan ke lebih dari 20 bahasa dan sudah ditonton oleh jutaan orang. Kata guru saya, “Peluru bisa menembus satu kepala, namun kata-kata bisa menembus ribuan kepala.” Filosofi ini tampaknya juga dipercaya oleh TED untuk menghadirkan dan mengenalkan perubahan.

TED, Technology, Entertainment and Design sudah jadi referensi utama para pembicara dalam mengembangkan ide, skill presentasi maupun media presentasi memukau. Di dalamnya, kita bisa melihat ribuan presentasi dengan slide Powerpoint maupun Keynote yang membuat kita geleng-geleng, saking kerennya. Carmine Gallo bahkan menulis bahwa TED merupakan salah satu guru presentasi langsung terbaik. Nah, khusus tentang media, berikut ini saya akan berbagi tips desain slide memukau ala TEDx, prinsip-prinsip apa yang digunakan dan bagaimana mendesainnya. Apa saja tips desain slide memukau ala TEDx? Berikut penjelasannya:

1- Pikirkan terlebih dulu tentang ide, skenario dan cara mengkomunikasikannya ke audiens. Posisikan desain slide setelahnya. Jangan bingung membuat slide dulu, tapi pastikan materi Anda runtut dan mudah dicerna.

2- Tampilkan slide presentasi dengan nuansa yang konstan dan konsisten, seperti tipografinya, pola penempatan tulisan, template warna hingga image yang digunakan untuk menjadikan presentasi Anda. Jangan sering mengubah tulisan dengan tipe font yang berbeda-beda di setiap slide-nya. Jika Anda merasa kesulitan tentang hal ini, Anda bisa mengikuti pelatihan Amazing Slide Presentation, info lebih lanjut ada di bawah artikel ini.

3- Gunakan big picture, seperti slide di atas ini (informasi lengkapnya, klik gambar tersebut). Gambar yang besar untuk mengubah mood dan menggerakkan perasaan audiens. Jangan memenuhi slide Anda dengan tulisan, karena akan membuat audiens cepat bosan dan susah untuk memahami presentasi Anda.

4- Anda boleh menggunakan animasi dan transisi di setiap slide, namun pakailah animasi dan transisi yang ringan saja, seperti animasi “fade”. Animasi dan transisi yang bijak, membuat audiens bisa menikmati slide sekaligus presentasi dengan nyaman. Untuk memahami animasi dan transisi yang keren, salah satu presentasi yang saya sarankan adalah David Epstein (klik gambar untuk link presentasi lengkapnya).

5- Jika presentasi Anda menggunakan data, tampilkan data seperlunya, tak perlu lebay dengan memasukkan banyak angka dalam grafik dan tabel. Apalagi jika Anda presentasi di depan audiens umum… Untuk apa juga semua data ditampilkan jika Anda hanya perlu membahas sebagian kecil saja. Tunjukkan inti pembahasan data Anda… Oya… untuk presentasi data, alangkah lebih baik Anda menggunakan infografis. Jika ingin belajar lebih banyak, silakan ikuti workshop infografis Amazing Slide Infographic bersama saya dan tim Kreasi Presentasi (klik gambar untuk informasi lengkapnya).

Nah, itulah 5 tips desain slide memukau ala TEDx, semoga bermanfaat untuk membantu visualisasi presentasi Anda kian kece.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.