BLOG

Care dengan Pelanggan

Saat ini saya sedang memperdalam ilmu marketing, maklum selama menjadi trainer, saya selalu meningkatkan skill penyampaian, desain slide maupun closing yang berkesan, namun ilmu marketing untuk memperlancar training saya masih jauh tertinggal. Untuk itu, mau tidak mau, saat ini saya sedang ngebut belajar. Nah, salah satu cara supaya ilmu yang saya pelajari bermanfaat adalah dengan membaginya kepada Anda.

Dalam buku “Selling with Character” pakar marketing Indonesia, Hermawan Kartajaya menyebutkan bahwa, satu-satunya kunci sukses untuk meraih pelanggan adalah dengan menjaga hubungan baik dengan mereka. Saat ini dunia marketing fokus untuk terus menjalin hubungan sinergis dengan pelanggan, apalagi yang berkelanjutan. Hal ini merupakan satu-satunya langkah supaya sebuah perusahaan tetap survive dan dipercaya. Apa pentingnya merawat pelanggan? Apa keuntungannya? Bagi Anda yang ingin terus belajar bisnis seperti saya, maka paling tidak ada dua alasan mendasar yaitu:

  1. Biaya dan waktu yang diperlukan untuk mencari pelanggan baru jauh lebih banyak dan lebih besar dibanding merawat pelanggan yang sudah ada. Belum lagi proses untuk menumbuhkan kepercayaan pada pelanggan baru, ini perlu waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu merawat pelanggan yang sudah ada, seperti rekan Anda, saudara Anda, teman Anda, dan komunitas Anda jauh lebih murah dan lebih cepat untuk menumbuhkan bisnis Anda.
  2. Tahukah Anda apa yang lebih dahsyat dari sebuah iklan produk? Hal yang lebih dahsyat itu adalah rekomendasi. Ya, jika ada rekan Anda yang merekomendasikan sebuah produk dengan berbagai alasan positif, maka secara tidak langsung Anda akan mempercayai produk tersebut. Maka, jika Anda ingin produk Anda laris manis, sering-seringlah minta testimoni pembeli produk Anda, dan jangan lupa untuk selalu care dengan mereka. Inilah kunci utama bes selling sebuah produk, selain kualitas dan harga tentunya.

Nah, saya berharap posting saya hari ini mampu membuat Anda menganggukkan kepala dan siap menyongsong kesuksesan. Apapun bisnis Anda, care-lah terhadap pelanggan.

Salam Amazing.

 

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment