Cara Singkat Menyusun Materi Presentasi

Jika Anda hanya memiliki waktu 24 jam untuk menyusun materi presentasi yang mampu mempengaruhi audiens, dan Anda hanya memiliki 10 menit presentasi, apa yang akan Anda lakukan? Salah satu jawaban yang pasti adalah Anda perlu cara cepat menyusun materi presentasi. Oleh karena itu alangkah baiknya kita langsung mencari referensi para ahli, bagaimana cara cepat menyusun materi presentasi.

Salah satu referensi yang saya sarankan adalah artikel yang disusun oleh Carmine Gallo, yang berjudul “Take this Three Steps to Craft Your Pitch Quickly.” Gallo menjelaskan 3 cara singkat menyusun materi presentasi, karena menurut Gallo, dalam waktu 10 menit audiens tidak memerlukan bacaan yang berat dengan ratusan halaman, ataupun menikmati lebih dari 70 slide presentasi Anda. Mereka hanya ingin mendapatkan informasi secukupnya dengan insight sebanyak-banyaknya. Lalu bagaimana cara singkat menyusun materi presentasi seperti apa yang dimaksudkan Carmine Gallo? berikut tips presentasi nya:

1- BUATLAH JUDUL YANG TWITTER FRIENDLY

Menurut John Medina, judul yang baik memberikan gambaran besar (big picture) dilanjutkan dengan detail penjelasan. Misal, Tips Meraih 100 Juta dalam 1 Bulan (teknik marketing yang memicu profit bisnis sebesar mungkin). Nah, dalam contoh judul tersebut, kalimat “Tips Meraih 100 juta dalam 1 bulan” adalah Big Picture-nya. Sedangkan kalimat “Teknik Marketing yang Memicu Profit Bisnis Sebesar Mungkin” adalah kalimat penjelasannya.

Yang dimaksud Twitter Friendly artinya judul Anda tidak lebih dari 140 karakter. Judul harus to the point dan bisa dipahami dengan mudah. Boleh bombastis namun tidak over promise. Berikut contoh judul presentasi yang Twitter Friendly.

2- SUSUN 3 KATA KUNCI UNTUK MEMAHAMI MATERI ANDA

Nah, cara singkat menyusun materi presentasi yang kedua adalah menambahkan 3 kata kunci untuk memahami materi presentasi Anda. Misalnya, dalam materi saya “Amazing Slide Infographic, 3 Teknik Visualisasi Data Slide Presentasi“. Ada 3 teknik untuk membuat infografis supaya lebih mudah dipahami, lebih visual dan sesuai dengan tujuan infografis. Yaitu simpel (konten infografis harus sederhana), harmoni (kesesuaian antara warna, font dan vektor infografis) serta unik (desain infografis yang eyecatching dan menarik audiens).

Dengan menggunakan 3 kata kunci ini, audiens akan dengan mudah mengingat inti materi presentasi Anda dalam waktu singkat.  Untuk lengkapnya materi infografis ini, Anda bisa baca di buku Amazing Slide Infographic dengan memesan pada Ayu di 08123 271 6030 atau klik gambar di bawah ini untuk memesan secara online.

3- TAMBAHKAN STATISTIK, DATA ATAU INFORMASI YANG MENDUKUNG

Yang ketiga, barulah Anda menambahkan statistik, data atau informasi yang mendukung materi presentasi Anda. Data atau informasi membuat argumen presentasi Anda lebih mudah dicerna dan masuk akal. Anda pun bisa memasukkan sedikit story telling atau kisah yang melatar belakangi materi presentasi Anda, kenapa itu penting dan kenapa audiens harus mendengarkannya. Ini membuat audiens memiliki motivasi yang besar untuk mendengarkan materi Anda.

Selain statistik yang mendukung Anda pun wajib menampilkan statistik tersebut dengan memukau. Untuk mempelajari teknik menampilkan data statistik dengan baik Anda bisa bergabung di Workshop Infografis bersama saya dan tim Kreasi Presentasi, silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk penawaran istimewa bagi Anda dan perusahaan Anda.

Moga artikel ini bermanfaat. Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.