BLOG

Bila Diketik, Muncul Apa?

Salah satu rekan saya seorang pakar SEO berkata, “Sekarang kita hidup di dua dunia, dunia nyata dan dunia maya. Maka penting bagi kita untuk mengenal masing-masing dunia, lebih-lebih bisa menguasainya.” Ya, Anda sekarang bukan hanya bisa sukses di dunia nyata, di dunia maya (internet) pun Anda bisa sukses. Salah satu caranya adalah dengan mengenalkan diri Anda di dunia maya, sehingga bisa diketahui oleh semua orang di dunia.

Menjadi kredibel di dunia nyata memang penting. Namun menjadi kredibel di dunia maya tak kalah penting. Banyak perusahaan yang sekarang memiliki ahli IT, yang mempunyai tugas khusus, untuk mengecek, apakah klien yang diajak kerjasama bisa dipercaya atau tidak. Tidak heran jika banyak orang di sekitar Anda yang meminta akun facebook, twitter, linked in dan berbagai akun di jejaring sosial untuk mempermudah mereka mengenal Anda. Karena itu, sangat penting membuat diri Anda terpercaya di dunia maya. Bagaimana caranya? Gampang, jika diketik nama Anda di mesin pencari seperti Google, akan muncul apa?

Jika Anda seorang guru, yang digugu dan ditiru, namun di saat murid Anda mengetik nama Anda di Google muncul hal-hal negatif, seperti penipu, playboy dan sebagainya, maka patutnya Anda introspeksi diri. Demikian pula jika Anda memiliki akun jejaring sosial, dan Anda sering mengupdate status maupun tweets, maka hindarilah status maupun tweets yang negatif. Seperti menghina orang lain, menebar fitnah, berkata kasar maupun kata-kata yang tidak jelas maksudnya, seperti “galau…”, “sepi…” dan sebagainya. Terus terang, ini akan menurunkan kepercayaan orang pada diri Anda.

Sebaliknya jika Anda lihat akun-akun orang sukses, maka Anda akan melihat mereka sangat konsisten menjaga diri dan kredibilitasnya. Status-statusnya positif dan selalu menggiatkan. Demikian pula ketika diketik nama mereka di Google, Anda akan menemukan ciri khas mereka masing-masing dan seperti apa dunia mengenal mereka. Yusuf mansur misalnya,  ketika diketik nama beliau di Google, kata-kata yang tidak pernah lepas darinya adalah sedekah dan Al Qur’an. Jamil Azzaini, selalu identik dengan inspirasi suksesMulia. Anwar Sani, motivator zakat. Ippho Santosa, keajaiban rezeki dan pakar otak kanan.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment