BLOG

Berbagai Jenis Diagram dalam SmartArt

Dalam buku Presentation Zen, guru saya Garr Reynolds memaparkan bahwa salah satu fitur terbaik dalam Powerpoint untuk menjelaskan sesuatu adalah diagram. Di Powerpoint sendiri, diagram tersedia dalam fitur SmartArt. Anda cukup mengklik tombol “Insert” di Ribbon Powerpoint lalu memilih “SmartArt”. SmartArt memudahkan Anda dalam membuat diagram. Entah itu diagram alir, timeline, struktur organisasi, siklus dan lain sebagainya. Diagram dalam SmartArt sendiri beraneka ragam, dengan fungsi masing-masing.

Nah, dalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan berbagai jenis diagram dalam SmartArt. Saya juga akan menjelaskan apa fungsinya masing-masing berdasar beberapa referensi yang saya baca. Untuk latihannya, Anda bisa mengikuti Workshop Infografis & Visualisasi Data yang saya arrange bersama tim Kreasi Presentasi. Silakan hubungi Bu Kuma di 0857 3333 0407 untuk penawaran istimewanya. Nah, apa saja berbagai jenis diagram dalam SmartArt itu? Berikut pembagiannya:

1- List

List atau daftar merupakan jenis SmartArt yang paling sederhana. SmartArt ini akan sangat baik dalam menggantikan bullet point. SmartArt ini menunjukkan urutan tertentu dalam sebuah kategori. Misalnya, daftar nama guru, daftar resolusi tahunan, daftar tugas yang harus dikerjakan dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh SmartArt List yang berisi daftar perlengkapan multimedia.

2- Process

SmartArt Process sangat baik dalam menjelaskan alur atau stap by step melakukan sesuatu. SmartArt Process ini bisa dipakai dalam memvisualkan SOP dalam perusahaan, serta tahapan tertentu, misal langkah-langkah membuka jendela darurat, proses fotosintesis dan sebagainya. Berikut adalah contoh Smart Art process yang memaparkan tentang bagaimana cara membuat kopi.

3- Cycle

SmartArt Cycle atau siklus dipakai untuk menjelaskan proses yang terus berlangsung tanpa henti. Semua siklus di dunia merupakan diagram lingkaran yang terus berputar. Berikut adalah contoh Cycle SmartArt yang menjelaskan soal daur ulang:

4- Hierarchy

Bagi Anda yang ingin menampilkan struktur organisasi, maka hierarchy SmartArt adalah diagram yang paling cocok. Hierarchy SmartArt, memang memiliki struktur diagram yang menyebar ke satu arah. Selain untuk struktur organisasi, SmartArt ini baik untuk menampilkan struktur keluarga, klasifikasi makhluk hidup dan sebagainya. Berikut contoh Hierarchy SmartArt tentang struktur organisasi:

5- Relations

Berbagai jenis diagram dalam SmartArt berikutnya adalah Relations SmartArt. Fitur ini membantu Anda untuk menjelaskan konsep beberapa hal yang saling berkaitan antara satu sama lain. Misal faktor-faktor yang mempengaruhi proses produksi, atau menjelaskan tentang berbagai hal penyebab banjir dan sebagainya. Berikut adalah contoh SmartArt Relations tentang kerja sama tim dalam launching produk sebuah perusahaan:

6- Matrix

Baik untuk menjelaskan analisa terhadap sebuah hal dengan dua variabel. Misal analisa tentang produk yang unik dan bermanfaat. Sebuah produk akan oke jika dia unik dan bermanfaat. Jika produk tersebut unik namun tidak bermanfaat maka akan sulit untuk dipasarkan, demikian juga jika produk itu bermanfaat namun tidak unik, maka tentu Anda akan berkompetisi dengan harga. Matrix memudahkan analisa sehingga mampu dipilih produk terbaik. Berikut contoh matrix tentang manajemen waktu:

7- Pyramid

Untuk pyramid SmartArt akan sangat baik untuk menunjukkan struktur berjenjang yang semakin atas semakin sempit, seperti piramida makanan yang menunjukkan proses makan memakan dalam pelajaran biologi. Atau menunjukkan komponen makanan apa yang banyak dikonsumsi hingga yang paling minim untuk dikonsumsi. Berikut contohnya.

8- Picture

Jenis diagram terakhir di berbagai jenis diagram dalam SmartArt adalah picture SmartArt. Smart Art ini merupakan kompilasi dari berbagai jenis SmartArt sebelumnya yang bisa disisipi gambar untuk menambah kerennya SmartArt. Berikut adalah salah satu contohnya:

Nah, itulah berbagai jenis diagram dalam SmartArt, semoga artikel ini membantu presentasi Anda dengan visualisasi slide memukau. Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment