BLOG

Berani Melawan Arus

Bagi Anda yang hobi memelihara ikan, apalagi ikan yang harus dikondisikan secara alami seperti koi, mungkin Anda sering mengamati aktivitas ikan yang berenang melawan arus. Tahukah Anda mengapa ikan melakukan itu?

Jawabannya adalah untuk membantu pernapasan. Secara umum ikan bernapas dengan insang. Ketika mulut ikan membuka, air masuk ke dalam mulutnya. Air kemudian mengalir ke dalam tubuh ikan, udara (oksigen) berdifusi ke seluruh pembuluh darahnya. Mulut menutup, insang terbuka dan sisa air hasil pernapasan keluar melalui insangnya.

Lalu kenapa harus berenang melawan arus? Tahukah Anda kelarutan oksigen di dalam air sangatlah kecil, sekitar 5 hingga 6 ml, per 1000 ml air. Sisanya didominasi oleh karbondioksida. Berbeda dengan udara bebas. Sekitar 20% tersusun atas oksigen, sedangkan karbondioksida hanya sekitar 0,0013%. Sehingga ikan sangat sulit untuk memperoleh oksigen dengan mudah. Selain terlarut dalam air, kandungan oksigen juga tergantung arus air.

Ketika ada arus air yang mengalir, maka disanalah ada oksigen. Daripada ikut arus yang tak jelas kemana arahnya, lebih baik ikan berdiam diri dan mempertahankan posisinya melawan arus. Dengan ini oksigen akan lebih mudah didapat. Seperti manusia yang berdiam diri lalu merasakan segarnya angin berhembus.

Apalagi dengan berenang melawan arus, oksigen akan lebih mudah didapat dan lebih gampang diedarkan ke seluruh tubuh. Aliran air juga membawa sumber makanan berupa plankton yang melayang-layang sehingga mudah ditangkap. Akhirnya semangat ikan menjadi terbarukan dan dirinya siap untuk menjalani aktivitas lainnya.

Nah perilaku ikan ini sebenarnya bisa menginspirasi kita. Bila Anda berada di lingkungan yang kurang semangat dan selalu kurang inovasi, jangan terpengaruh oleh keadaan sekitar. Memang lebih baik berdiam diri sehingga omongan kanan-kiri Anda tak berdampak negatif.

Namun lebih dari itu, cobalah melawan arus dengan selalu berkarya. Tulislah buku ketika rekan-rekan Anda sibuk menggosip. Belajarlah cara berbisnis ketika rekan-rekan Anda yang lain sibuk mempermasalahkan gaji. Kerjakan apa yang Anda bisa lakukan hari ini dan jangan menunda hingga esok hari.

Dengan melawan arus, semangat Anda akan selalu terbarukan. Dan bisa jadi, seperti plankton yang mendatangi ikan, rezeki hadir dari sisi yang tidak diduga-duga.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , ,

Post a comment