BLOG

Belajarlah pada Komunitas yang Tepat

Di masa lalu kita mengenal pahlawan super seperti Superman, Batman, Spiderman maupun Iron Man sebagai ikon sebuah film. Mereka tampak perkasa saat mengalahkan musuh-musuhnya. Namun zaman telah berubah. Musuh mereka saat ini tidaklah sendiri. Mereka bersatu untuk menghadapi seorang pahlawan. Yang membuatnya kuwalahan, dan kalah dalam sekali duel. Ya, saat ini kekuatan mereka sendiri tidaklah cukup untuk menghadapi musuh yang lebih kuat. Masuklah Batman dan Superman ke Justice League. Spiderman dan Iron Man ke tim Avenger.

Di dalam komunitas itu mereka mampu berbagi peran, saling menajamkan kekuatan dan menutupi kelemahan rekannya. Kolaborasi mereka pun menjadi kunci. Kemenangan adalah hal yang pasti. lawan yang awalnya berani, berpikir ulang untuk menghadapi mereka bersama-sama. Komunitas inilah yang membuat sang pahlawan kuat. Ya, intinya belajarlah pada komunitas yang tepat.

Demikian pula dengan perkembangan zaman saat ini. Di awal tahun 2000-an, negara-negara di Eropa mulai kuwalahan menghadapi ekspansi Amerika dan Cina. Mata uang mereke tergerus. Tak berdaya hadapi Dollar. Akhirnya tercetuslah Uni Eropa. Mereka pun menggabungkan diri. Muncullah mata uang baru, Euro. Kekuatan baru eropa. Nilainya setara dengan Dollar. Membuat Eropa kembali bangkit, menghadapi hegemoni Amerika. Eropa berlari cepat. Negara-negara kecil seperti Luxemburg tidak lagi minder di depan Amerika. Mereka punya Euro sebagai kekuatan ekonominya.

Kolaborasi seperti ini juga terjadi di sekeliling kita. Nissan merangkul Mitsubishi untuk membuat All New Livina terbaru di 2019. Garuda merangkul Gojek untuk pengiriman makanan via udara. Beberapa bandara merangkul Grab sebagai salah satu moda transportasi darat bagi penumpang yang baru landing. Dengan bergabungnya mereka, tercipta komunitas baru yang lebih kuat daripada sebelumnya.

Sama dengan diri kita. Jika kita merasa masih awam dalam sebuah keilmuan. Masih merasa awal dalam menapaki karir. Masih bau kencur dalam menjalani bisnis. Maka belajarlah pada komunitas yang tepat. Carilah komunitas yang mampu memberikan Anda hegemoni. Kekuatan baru, kepercayaan diri untuk terus bertahan dalam karir Anda.

Jika Anda pebisnis, coba bergabunglah di beberapa komunitas bisnis. Ada Enterpreneur Club Indonesia, Tangan di Atas dan Grounded Business Coaching yang akan meleverage level bisnis Anda. Di dunia training ada Akademi Trainer dan Kubik Leadership untuk pembinaan SDM. Di dunia presentasi dan slide, ada Ganesha Public Speaking School dan Kreasi Presentasi. Nah, khusus untuk Kreasi Presentasi, kami pun bersedia membantu Anda untuk menjadi trainer media presentasi profesional.

Belajarlah pada komunitas yang tepat, adalah langkah terbaik bagi kita untuk terus maju dan sukses di masa depan. Berkolaborasi dengan orang yang tepat, juga membantu memperingan beban kerja sekaligus melesatkan skill kita. Oleh karena itu jika saat ini kita merasa lambat, stagnan dan sulit bergerak, mungkin kita belum berada di komunitas yang tepat atau malah belum bergabung sama sekali.

So, segera bangun dan carilah komunitas Belajarlah pada komunitas yang tepat.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment