Beda Visualisasi Data dan Infografis

Banyak orang yang menyebut infografis dan visualisasi data adalah dua hal yang sama. Hal ini tidak sepenuhnya keliru, karena visualisasi data maupun infografis memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat data lebih mudah dimengerti dan dipahami. Keduanya merupakan bentuk komunikasi visual. Menjelaskan sebuah informasi dengan mengedepankan tampilan. Sherai-hari, kita dikelilingi oleh banyak informasi, seperti grafik, peta, tabel, diagram, icon, poster dan flyer. Semua hal yang saya sebut itu adalah bentuk komunikasi visual, namun tidak semuanya bisa disebut sebagai infografis.

Lalu apa beda visualisasi data dan infografis? Menurut Randy Krum di buku Cool Infographics, visualisasi data adalah bentuk visual dari angka atau jumlah. Seperti halnya grafik batang atau grafik garis. Naik turunnya grafik menunjukkan jumlah angka yang dimaksud. Ini adalah visualisasi data, bukan infografis. Berikut adalah contoh visualisasi data berupa grafik.

Grafik di atas adalah contoh visualisasi data, bukan infografis. Untuk membuat visualisasi data yang baik, kuncinya ada dua, yaitu simpel dan harmoni. Simpel, artinya sederhana, menampilkan apa-apa yang perlu saja. Harmoni artinya menampilkan keserasian, mulai dari warna hingga huruf tampilan sehingga enak dipandang.

Nah, setelah kita memahami arti visualisasi data dan contohnya, lalu apa beda visualisasi data dan infografis selanjutnya? Tentu kita harus memahami definisi infografis. Masih menurut Randy Krum, kata kunci infografis mengalami kenaikan yang signifikan, lebih dari 20 kali lipat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Hal ini membuktikan infografis sangat populer dalam tren tampilan data. Menurut Randy Krum, definisi infografis adalah desain visual yang menggabungkan visualisasi data, ilustrasi, teks, dan gambar dalam satu kesatuan dan membentuk sebuah cerita.  Jadi boleh dibilang, bahwa grafik adalah salah satu elemen dalam infografis selain teks, image dan ilustasi.

Berikut adalah contoh tampilan infografis:

Nah, itulah beda visualisasi data dan infografis. Dari definisi tersebut di atas saya paham bahwa tingkat kesulitan membuat infografis jauh lebih tinggi dibandingkan visualisasi data biasa. Jika Anda merasa sulit membuat infografis yang bercerita, Anda dan perusahaan Anda bisa mengikuti workshop Amazing Slide MiniMAX, pelatihan infografis menggunakan slide Powerpoint yang sudah diworkshopkan di lebih dari 40 corporate dan BUMN. Untuk informasi dan penawaran silakan hubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.