BLOG

Apa Nilai Tambah Anda?

Salah satu jurus jitu yang seringkali diberikan oleh para motivator untuk meningkatkan kemampuan, benefit, maupun pendapatan Anda adalah mencari pembeda dalam bidang yang Anda kuasai, bisnis yang Anda geluti maupun pekerjaan yang dijalani.

Bagi Pak Tung Desem Waringin, pembeda saja tidak cukup. Namun yang perlu dimiliki oleh tiap individu yang ingin maju adalah nilai tambah. Ya, apa nilai tambah Anda dibanding orang lain? Saya beri contoh sederhana, apa maksud nilai tambah. Seorang dokter memiliki nilai tambah dibanding pembuka pintu hotel. Ya, karena seorang dokter bisa mengobati orang yang sakit, sedangkan pembuka pintu hotel tidak mampu mengobati. Sedangkan di sisi lain, seorang dokter mampu membukakan pintu hotel. Inilah yang dimaksud nilai tambah.

Nilai tambah inilah yang menjadi pembeda penghasilan seseorang. Seseorang bisa menghasilkan 20 ribu rupiah per-jam, sedangkan seseorang yang punya nilai tambah akan mampu menghasilkan 10 juta rupiah per-jam-nya. Nah, karena itu sengatlah penting bagi kita untuk mengetahui nilai tambah masing-masing.

Jika Anda seorang guru, apa nilai tambah Anda dibanding guru yang lain. Misal Anda mampu menguasai pembuatan website dan aplikasi adobe flash, sehingga bisa membuat soal ujian online dan membuat media pembelajaran interaktif. Dengan kemampuan ini, Anda bisa mengadakan pelatihan bagi guru-guru yang lain, dan pasti ini akan meningkatkan penghasilan Anda.

Jika Anda seorang penulis, apa nilai tambah Anda dibanding penulis lain. Misalnya, Anda penulis dan Anda juga seorang trainer. Maka Anda bisa membuat buku pengembangan diri, sekaligus memberikan training di berbagai perusahaan dan lembaga. Ini pun bisa menjadi nilai tambah, plus mempertebal pundi-pundi penghasilan Anda.

Ilmu dari Pak Tung Desem ini memperkaya pemahaman saya. Saya harap hal ini juga memperkaya pemahaman Anda. Karena itu, saatnya sekarang kita menggali ilmu untuk memberi nilai tambah dalam hidup kita.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , ,

Post a comment