BLOG

Apa Kita Sudah Siap?

Para pemenang kehidupan, bila sampai saat ini Tuhan belum memberikan rizki yang berlimpah, sebenarnya kita harus berprasangka baik pada-Nya. Siapa tahu dibalik ini semua ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita peroleh. Siapa tahu memang kita belum siap menerima rizki itu.

Berbicara tentang siap atau tidak ketika menerima rizki, istri saya pernah menceritakan kisah kerabatnya yang benar-benar ketiban rezeki nomplok. Sebut saja dia Pak Adi. Sebelum mendapat harta warisan dari orang tuanya Pak Adi hidup serba kekurangan. Penghasilannya pun tak tentu. Karena tidak mengenyam pendidikan yang layak, dirinya pun bekerja sebagai pemulung dan tukang becak.

Buat Pak Adi, uang sejumlah satu atau dua juta rupiah adalah jumlah yang sangat besar. Apalagi sejumlah satu milyar rupiah. Wuih, tak terbayangkan sebelumnya. Namun inilah yang terjadi. Setelah kedua orang tuanya meninggal, Pak Adi mendapat warisan senilai satu milyar rupiah. Sungguh jumlah yang luar biasa. Pak Adi sangat bahagia. Kehidupannya yang sebelumnya tak tentu, kini bergelimang harta.

Namun sayang, jumlah uang yang sangat besar membuatnya gelap mata. Pak Adi dengan semena-mena menceraikan istrinya. Tak lama kemudian dia menikah lagi dengan orang lain.

Dirinya merasa hanya dia yang berhak atas uang itu. Tak ada sepeserpun yang dia berikan pada fakir miskin. Tak ada sedikitpun niat untuk bersedekah dan tak ada keinginan secuilpun untuk berinvestasi. Masukan dari saudara-saudaranya untuk menunaikan ibadah haji pun hanya sekedar angin lalu. Istrinya yang baru makin menjauhkannya dari kasih sayang keluarga. Dan seringkali mengajaknya membelanjakan harta yang tak jelas tujuannya.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , ,

  • irhayati

    subhanallahh ternyata dalam menerima rejeki perlu eksiapan mental juga yah. mungkin gak jauh berbeda dengan kesiapan kita menerima sebuah kesuksesan yang datang secara tiba-tiba. makasih yah atas inspirasinya 🙂

    Reply

Post a comment