BLOG

Apa Bakat Anda?

Guru inspirasi saya pernah bercerita tentang pentingnya kita mengerti apa bakat dan minat kita, sehingga kita tidak salah langkah dalam mengambil profesi atau cita-cita. Dengan mengetahui bakat dan kemampuan, kita akan lebih mudah menentukan masa depan.

Alkisah dalam hutan diadakan sebuah konferensi hewan. Semua binatang mengadakan rapat, menentukan kemampuan apa yang harus dimiliki seluruh penduduk hutan. Setelah beberapa jam berdiskusi, akhirnya mereka sampai pada satu kesimpulan, bahwa tiap penghuni hutan harus memiliki 3 kemampuan, yaitu terbang, berenang dan melompat.

Keesokan harinya semua satwa berkumpul, mereka berlatih kemampuan yang belum mereka miliki. Hari pertama mereka sangat bersemangat, hari kedua mulai malas-malasan, hari ketiga mulai adu mulut, sedang hari keempat terjadi kericuhan. Mengapa? Ternyata sang gajah diminta terbang, sang kelinci diminta berenang dan si cacing disuruh melompat. Padahal sampai kapanpun sang hewan akan sulit bahkan mustahil melakukannya.

Nah, jika Anda merasa bakat Anda seperti gajah, jangan paksakan diri untuk terbang. Demikian pula jika minat Anda seperti cacing, jangan paksakan diri untuk melompat.

Tuhan menganugerahkan potensi yang sama pada manusia. Semua manusia memiliki kesempatan sama untuk sukses. Hanya saja minat terhadap profesi, bidang studi ataupun disiplin ilmu berbeda-beda. Disinilah letak adilnya Tuhan, dengan minat yang berbeda, semua profesi di dunia jadi terisi oleh masing-masing orang.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , ,

Post a comment