BLOG

Antara Powerpoint dan Keynote

Jika saya ingin menyampaikan presentasi dengan slide, manakah yang saya pilih antara powerpoint dan keynote? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing? Nah, untuk lebih jelas, saya akan mencoba mendeskripsikan perbedaan antara powerpoint dan keynote, kelebihan dan kekurangan masing-masing serta ketersediaannya di Indonesia. Berikut analisa saya.

Sebenarnya, ada cukup banyak software presentasi di dunia. seperti Prezi (untuk Windows dan Mac), Kingsoft Presentation (untuk Windows dan Mac), dan Open Office Impress (untuk Linux). Namun dari sekian banyak software presentasi, Powerpoint dan Keynote adalah dua software presentasi terbaik dunia, saling bersaing kreatifitas dan penggemar. Oleh karena itu, saya mencoba menganalisa keduanya. Silakan disimak.

Jumlah

Tidak perlu diragukan, jumlah pengguna Powerpoint di Indonesia sangat berlimpah. Apalagi setelah Microsoft membuka perwakilannya di Indonesia dan secara masif memasuki institusi pendidikan. Sebagian besar universitas di Indonesia memiliki deal dengan microsoft untuk menggunakan software office (termasuk Powerpoint) untuk mekanisme administrasi dan pendidikan. hal ini didukung dengan penjualan office yang berbentuk CD dan mindset orang Indonesia yang lebih senang membeli PC dan laptop “kosong” yang baru kemudian diinstall windows serta office. Selain lebih murah, juga bisa diupgrade sesuai keinginan. Apple dengan Macintosh termasuk software Keynote sendiri tidak begitu ternama di Indonesia, meski demikian tak jarang pemilik komputer Mac adalah dari kalangan menengah ke atas.

Kelebihan dan Kekurangan

Inilah kelebihan dan kekurangan antara Powerpoint dan Keynote. Kelebihan Powerpoint adalah software yang lumayan familiar bagi masyarakat Indonesia, tentu saja karena mayoritas penduduk Indonesia menggunakan sistem operasi windows. Selain itu update Powerpoint yang tergolong cepat, sekitar 3 tahun sekali, kita bisa menemui update terbaru dari software ini dan dijual dengan berlimpah di sebagian besar toko komputer. Display yang semakin baik dari tahun ke tahun, membuat Powerpoint masih menjadi favorit di Indonesia, paling tidak hingga 2015 ini.

Kekurangannya, secara umum windows rentan dengan virus. Oleh karena itu kita harus sering-sering merawat file-file presentasi dari Powerpoint. Software ini pun hingga saat tulisan ini dimuat, tidak memiliki fasilitas untuk mengubah jenis file ke aplikasi Keynote di Mac. Keynote pun hanya eksklusif untuk Mac. Sebaliknya, software Powerpoint tersedia untuk Mac, dan file Keynote bisa diconvert ke Powerpoint.

Secara umum, jika kita mengetahui cara mendesain slide, kedua software ini cukup berimbang, hanya saja ada satu keunggulan Mac dibanding Powerpoint, yaitu tipografi (jenis font) yang lebih indah, dan ini diakui oleh para ahli komputer dunia.

Nah, inilah perbandingan dua software presentasi antara powerpoint dan keynote. Saya dan tim Kreasi Presentasi pun sudah mempersiapkan workshop desain slide Presentasi Amazing Slide Presentation untuk Powerpoint dan Keynote. Untuk workshop Keynote, akan diadakan di Jakarta 28 Februari dan 1 Maret 2015.

Semoga dengan analisa ini, Anda bisa menentukan pilihan. Ingat, apapun software Anda, Anda wajib mendesain slide-nya.

Salam Amazing.

Post a comment