BLOG

Anatomi Font untuk Slide Presentasi

Kita memahami bahwa font atau jenis huruf adalah salah satu faktor kesuksesan presentasi. Font yang baik membantu presenter untuk menyampaikan pesan dengan tepat. Penentuan jenis huruf yang pas dalam slide berarti menentukan keberhasilan presentasi Anda. Oleh karena itu sangat penting bagi kita mengenal anatomi huruf untuk slide presentasi. Selain mensukseskan presentasi dengan jenis huruf yang mudah dibaca, slide yang baik juga menggambarkan profesionalitas dan keseriusan presenter menyiapkan presentasinya.

Nah, apa sajakah yang harus diperhatikan dalam anatomi font untuk slide presentasi, sehingga visualisasi kita nyaman dibaca dan dipahami audiens? Berikut penjelasannya:

1- Font Baseline

Font baseline adalah bagian bawah / landasan atau lantai huruf. Font yang baik dan mudah dibaca adalah font yang memiliki baseline yang rata. Antar hurufnya menjejakkan kaki dengan sempurna di baseline. Tidak ada yang terlalu pendek, atau terlalu tinggi dari baseline. Sebagai contoh, ini adalah font Myriad Pro, yang menurut saya merupakan salah stau huruf terbaik dengan baseline yang rata dan sempurna.

2- x-Height

x-Height adalah tinggi font. Tulisan yang mudah dibaca, memiliki x-height yang seragam dan rata, seperti halnya yang saya tunjukkan dalam gambar tipografi font Myriad Pro di atas. Pastikan Anda memperhatikan x-height font dengan seksama untuk slide presentasi optimal.

3- Ascender & Descender

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment