BLOG

Analisa Presentasi Ahli Anies Baswedan

Setiap Jumat atau Sabtu saya tetap akan menulis di web ini dengan menghadirkan tips presentasi analisa presentasi ahli. Tips presentasi ini menghadirkan sejumlah contoh presentasi yang saya rasa sangat inspiratif dan memukau. Kali ini saya akan membahas presentasi dari Pak Anies Baswedan tentang Indonesia Mengajar dengan tema “Menyalakan Masa Depan Indonesia” yang saya ambil dari Tedx Jakarta. Kita tahu Anies Baswedan adalah seorang praktisi pendidikan nomor wahid, jadi tanpa mengenalkan profil dirinya pun, kata-kata beliau dan masukan beliau tentang dunia pendidikan sangat inspiratif. Yuk kita simak sama-sama analisa presentasi Pak Anies Baswedan berikut ini.

Anies Baswedan di Tedx Jakarta

Anies Baswedan memulai presentasinya dengan sapaan dan pujian kepada Tedx Jakarta, dan langsung membahas dengan jelas tema presentasinya:

Indonesia mengajar adalah sebuah program yang mendorong usaha kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.” Tema yang jelas memudahkan audiens mengetahui akan kemana pembicaraan dari seorang presenter.

Pak Anies berlanjut dengan mengajak audiens untuk mencoba mengerucutkan berbagai masalah pendidikan Indonesia yang sangat kompleks dengan cara mengetahui subyek terdepan yang memberi efek langsung dalam kecerdasan bangsa adalah guru. Dengan penegasan, “Dibalik sistem, undang-undang dan seminar yang berderet, Guru berdiri di depan kelas dia yang senyatanya mencerdaskan anak-anak.

Pak Anies menjelaskan proses seleksi Indonesia mengajar, menghadirkan anak-anak muda terbaik di Indonesia untuk mengajar selama 1 tahun di daerah terpencil sehingga dekat dengan masyarakat, “Dengan harapan anak-anak ini memiliki world class competence dengan grass root understanding.” Kisah beliau tentang para pendaftar Indonesia mengajar begitu inspiratif, tentu saja beliau hadirkan dengan gaya story telling yang membuat kita semua berdecak kagum. Yes, I’m proud to be Indonesian.

Salah satu slide Anies Baswedan di Tedx. Slide orisinil yang bernilai tinggi dengan foto yang tidak dimiliki siapapun kecuali beliau dan Indonesia Mengajar.

Di bagian ending analisa presentasi ahli ini, Pak Anies mengucapkan kalimat yang sangat inspiratif dipadu dengan slide yang berbicara, “Hadirin sekalian program ini bukan hanya tentang mensuplai guru, tapi untuk menebarkan optimisme, menggandakan optimisme, Yes I have a bright future and I’m gonna through. Dan bagi kita yang di luar, tugas kita mengabarkan bahwa masih banyak potensi-potensi, anak-anak cerdas di pelosok-pelosok.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment