BLOG

Agar Semangat, Milikilah “to be” yang Tinggi

Ada fenomena menarik yang saya pelajari dari ikan salmon. Ikan salmon merupakan ikan dengan kadar protein tertinggi di dunia, dan salah satu ikan yang dagingnya berharga mahal. Mengapa demikian? Salah satu sebabnya adalah metabolisme tubuh salmon yang sangat tinggi dan aktivitasnya yang sangat kompleks. Salmon kecil menetas di daerah pegunungan, perairan tawar. Kemudian arus akan membawanya menuju ke laut. Salmon tumbuh dewasa di lautan, perairan asin. Dan ketika akan kawin dan bertelur, salmon akan kembali ke tempat dimana dia dilahirkan.

Ya, salmon akan menembus batas air asin dan air tawar. Dia pun menantang arus untuk kembali ke sungai di pegunungan. Tak jarang, air terjun pun dia lawan. Sebuah tekad yang sangat luar biasa dari seekor ikan. Ketika keinginannya untuk kembali ke tempat asal terwujud, maka salmon pun kawin dan bertelur, dan kemudian mati di tempat yang sama.

Salmon melawan air terjun

Kisah salmon di atas menunjukkan semangat yang membara dari seekor ikan untuk meraih keinginannya. Semangatnya sangat tinggi untuk menjadi ikan yang mampu melestarikan jenisnya di tempat dimana dia dilahirkan. Inilah yang disebut dengan “to be”. Ya, “to be” adalah keinginan untuk menjadi apa. “To be” inilah yang bisa menjadikan salmon selalu bersemangat dan tak kenal menyerah. Kalau salmon ingin menjadi ikan yang mampu melestarikan jenisnya di tempat dimana dia dilahirkan, maka kita juga bisa memiliki “to be” sehingga selalu bersemangat. “To be” kita bisa berupa keinginan untuk menjadi juara kelas ketika sekolah, menjadi juara turnamen ketika mengikuti event olahraga, atau menjadi karyawan teladan ketika bekerja di kantor.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment