BLOG

Agar Mempunyai Daya Ingat yang Optimal *)

Suatu hari klien saya bertanya kepada saya “Mengapa ya anak saya kok lupaan? Seharian sudah diajarin, dia bisa menjawab sih, tetapi ketika besok ditanya, sudah lupa lagi!” Permasalahan belajar tidak pernah lepas dari masalah daya ingat, apabila kita tidak mengetahui bagaimana cara kerja daya ingat ini, maka seringkali kita menjadi frustrasi dan merasa hasil belajar menjadi sia-sia. Oleh karena itu bagaimana sih cara kerjanya daya ingat itu?

Sebuah Penelitian menunjukkan bahwa 70% dari apa yang anda pelajari hari ini dapat terlupakan dalam jangka waktu 24 jam apabila anda tidak melakukan upaya khusus untuk mengingatnya! Begitu juga yang terjadi pada anak, ketika hari ini ia mendapatkan suatu informasi namun ia tidak pernah mengulang materi pelajarannya kembali, maka jumlah materi pelajaran yang diingat juga pasti akan semakin banyak yang hilang.  Jadi apa yang terjadi dalam kasus di atas adalah hal yang sangat wajar menurut saya.

Bagaimana cara melakukan pengulangan yang benar? Alangkah baiknya pengulangan dilakukan paling tidak setelah 1 jam kemudian setelah kita mendapatkan suatu materi pelajaran, setelah itukita dapat mengulang lagi 1 hari setelahnya, setelah itu 1 minggu kemudian dan 1 bulan kemudian.

Prinsipnya adalah jika ingin kita mempelajari sesuatu, lebih baik kita belajar mempraktikkan satu jam tiap harinya selama tujuh hari dalam sepekan, bukannya mempraktikkan selama tujuh jam pada hanya hari Minggu.

Perlu kita ketahui bahwa pengulangan yang kita lakukan, cukup dengan waktu yang singkat saja. Mengapa perlu singkat-singkat saja? Karena pada dasarnya otak kita tidak dapat dipaksa untuk melakukan fokus dalam waktu yang lama.

Salah satu hal yang dapat meningkatkan daya ingat menjadi optimal selain dengan pengulangan adalah dengan tidur. Bob Stickgold seorang peneliti dari Harvard University mengemukakan bahwa waktu tidur dapat mempengaruhi pembelajaran hari sebelumnya. Dengan mengurangi waktu tidur malam sebanyak dua jam, kemampuan anda untuk mengingat bisa terganggu pada hari berikutnya. Semakin kompleks dan rumit materinya, semakin penting fungsi tidur bagi pembelajaran. Diyakini bahwa tidur memberikan kepada otak untuk mengatur kembali informasi-informasi yang kita dapatkan.

Berdasarkan yang dikemukakan oleh Collin Rose seorang pakar pembelajar, ia menjelaskan cara belajar yang efektif untuk anak adalah Belajar ketika di sekolah, mengulangi secara singkat materi yang sudah dipelajari sepulang sekolah atau  sebelum tidur siang, tidur, kemudian pada waktu sore atau malam, anak dapat mengulangi sekali lagi secara singkat pelajarannya.

Dengan mengetahui cara kerja daya ingat, saya yakin anak dapat belajar lebih nyaman serta mendapatkan hasil yang lebih optimal di bandingkan dengan belajar dengan sistem kebut semalam.

Selamat mencoba!

*) Ditulis oleh Elita Tandy, seorang Psikolog dan Hipnoterapis, Trainer Energy Leadership Indonesia, yang juga menjadi Trainer di Who Wants to be A Public Speaker batch 3.

Klik gambar untuk memperbesarnya.

TAGS > , , , , , ,

Post a comment